RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran/Topik : 1. Bahasa Indonesia / Peristiwa
di Sekitarku
2. PKn / Organisasi
Kelas/Semester : 4/2
5/2
Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar
Kompetensi
Bahasa Indonesia kelas 4
7. Memahami
teks melalui membaca intensif.
PKn kelas 5
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
II. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia kelas 4
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
PKn kelas 5
3.2
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
III. Indikator
Bahasa Indonesia kelas 4
² Siswa dapat menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks
² menuliskan kalimat utama
tiap paragraf
PKn kelas 5
² Siswa dapat
menyebutkan berbagai macam organisasi di lingkungan sekolah, serta menjelaskan fungsi dan tujuan
organisasi-organisasi tersebut.
IV. Pokok Materi
Bahasa Indonesia kelas 4
Peristiwa di Sekitarku
PKn kelas 5
Berbagai macam organisasi di lingkungan sekolah
V. Media
dan Sumber Belajar
Bahasa Indonesia kelas 4
Media : - Gambar – gambar yang sesuai dengan materi yang dipelajari
- Isolasi ukuran besar
(untuk menempelkan gambar)
- Spidol/boardmarker”
- Papan tulis
Sumber belajar : Buku Bahasa
Indonesia Membuatku Cerdas untuk SD kelas IV hal 60 – 61 karangan Edi Warsidi dan Farika
Penerbit:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
PKn kelas 5
Media : - Gambar – gambar yang
sesuai dengan materi yang dipelajari
- Isolasi ukuran besar
(untuk menempelkan gambar)
- Spidol/boardmarker
- Papan tulis
Sumber belajar : Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas V
hal 75 – 79 karangan Ikhwan Sapto Darmono
dan Sudarsih
Penerbit: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
VI. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
- Ceramah
VII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Siswa dan Guru
|
Waktu
(menit)
|
|
Kelas IV
|
Kelas V
|
||
Pendahuluan
|
- Mengucapkan salam
- Doa
awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
- Mengucapkan salam
- Doa
awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
5 menit
|
Kegiatan Inti I
|
- Guru menjelaskan materi dengan
menggunakan alat peraga.
|
- Diberi tugas kelompok untuk
mendiskusikan materi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti II
|
- Diberi tugas kelompok untuk
mendiskusikan materi.
|
- Guru menjelaskan materi dengan
menggunakan alat peraga dan membahas hasil diskusi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti III
|
- Membahas hasil diskusi dan
melakukan tanya jawab yang telah disampaikan.
|
- Diberi penugasan mencatat
hasil diskusi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti V
|
- Diberi penugasan mencatat
hasil diskusi.
|
- Melakukan tanya jawab.
|
15 menit
|
Penutup
|
- Memberikan tes tertulis dan
membahas hasil tes.
- Memberikan pencatatan
rangkuman materi.
|
- Memberikan pencatatan rangkuman
materi.
- Memberikan tes tertulis dan
membahas hasil tes.
|
5 menit
|
VIII. Evaluasi
Soal tes formatif Bahasa
Indonesia kelas 4
1. Menurutmu, apa topik atau tema cerita
pengalaman tersebut?
2. Apakah pesan penulis dalam bacaan itu?
3. Catatlah di buku tulismu kalimat utama dari
paragraf 2, 3, dan 5!
Kunci
jawaban
1.
Temanya adalah
kesadaran seorang anak egois/hanya mementingkan dirinya sendiri.
2.
Janganlah
menjadi anak yang egois. Hargailah kesulitan orangtua yang mencari nafkah untuk
keluarganya.
3. Kalimat utama
paragraf 1 : Aku selalu memaksa Ibu untuk memenuhi segala permintaanku.
Kalimat
utama paragraf 2: Aku kesal, jengkel, dan bosan dengan jawaban Ibu yang itu-itu
terus.
Kalimat utama paragraf 5: Aku kasihan
melihat Ibu menangis.
Catatan: Variasi jawaban peserta didik dapat
diterima selama sesuai dengan jawaban yang diminta.
Skor
Penilaian
No.
|
Skor
|
||
1.
|
30
|
||
2.
|
30
|
||
3.
|
40
|
||
Jumlah
|
100
|
||
Soal Formatif PKn
kelas 5
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?
2. Sebutkan organisasi-organisasi yang ada di lingkungan
sekolahmu!
3. Jelaskan fungsi dari organisasi-organisasi di bawah
ini:
a. UKS
b. PMR
Kunci
jawaban
1.
Organisasi merupakan suatu
perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja
sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
2.
Koperasi Sekolah, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Gugus
Depan Pramuka, Klub olahraga, PMR,Komite Sekolah, OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah),
atau jawaban lain yang relevan.
3.
UKS atau
Usaha Kesehatan Sekolah didirikan untuk menangani masalah
kesehatan. Kegiatan UKS misalnya memberikan PPPK (Pertolongan Pertama Pada
Kecelakaan) jika ada siswa yang sakit ataupun terluka saat berkegiatan di
sekolah.
PMR yang merupakan singkatan
dari Palang Merah Remaja dibentuk untuk memberikan pertolongan pertama pada
korban kecelakaan maupun bencana. PMR bergerak dalam bidang kemanusiaan.
Anggota PMR terdiri dari para remaja usia sekolah.
Skor
Penilaian
No.
|
Skor
|
|
1.
|
20
|
|
2.
|
40
|
|
3.
|
40
|
|
Jumlah
|
100
|
|
#pikirkanlaaaaaaaaa
BalasHapusbagus sekali blognya terima kasih bisa membantu dalam merancang pembelajaran kelas rangkap di daerah terpencil yang memakai 221
BalasHapus