Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Selasa, 17 September 2013

Rencana Pembelajaran Kelas Rangkap
Model 333

Sekolah                           : SD ...
Mata Pelajaran                : Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                : III, IV, dan V semester 2
Hari/tanggal                     : 17 Juli 2012
KKM                              : 70, 75, 70
Alokasi waktu                  : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran Matematika kelas III
3.    Menggunakan pengukuran sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
3.1. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

Mata Pelajaran IPA kelas IV
11.   Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
11.1. Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
8. Menulis: mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis8. Menulis: mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

A.   Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran Matematika kelas III
Setelah proses belajar hari ini, diharapkan siswa mampu:
-          Membedakan jenis-jenis sudut (sudut lancip, tumpul, dan siku-siku)
-          Mengidentifikasi sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
-          Mengidentifikasi jenis sudut menggunakan besar sudut

Mata Pelajaran IPA kelas IV
Setelah proses belajar hari ini, diharapkan siswa mampu:
-          Memahami sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia
-          Mengelompokkan benda/sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan (hayati) serta bahan alam tidak hidup (non hayati)

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
Setelah proses belajar hari ini, diharapkan siswa mampu:
-          Menjawab pertanyaan tentang isi puisi melalui tulisan
-          Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat tentang cita-cita

² Karakter siswa yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, dapat dipercaya, berani dan teliti


B.    Materi Ajar
Mata Pelajaran Matematika kelas III
Jenis-jenis Sudut

Mata Pelajaran IPA kelas IV
Kelompok Benda / Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
Puisi tentang Cita-cita             

C.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal / Pendahuluan (+ 15 menit)
Saat bel berbunyi, siswa kelas III, IV dan V berbaris di lapangan atau diselasar kelas untuk berdoa bersama dan menerima pengarahan awal dari guru. Setelah doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang siswa kelas V, guru memeriksa kehadiran siswa dengan cara bertanya kepada siswa secara umum, kemudian meminta sekretaris dari masing-masing kelas untuk menuliskan nama-nama siswa yang tidak hadir beserta alasannya di selembar kertas untuk diberikan kepada guru sebelum pelajaran berakhir. Guru juga mengingatkan kepada siswa bahwa karena sistem belajarnya adalah kelas rangkap, guru tidak berada di kelas tertentu terlalu lama. Kerjasama dari para siswa sangat diperlukan agar proses belajar dapat berlangsung dengan baik. Setelah itu guru memberitahukan tujuan pembelajaran hari ini bagi masing-masing tingkat kelas berikut motivasi bagi seluruh siswa untuk memacu mereka lebih rajin belajar dan aktif bertanya serta ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Salah satu pemicu semangat belajar adalah dengan memiliki sebuah cita-cita. Guru bertanya secara umum kepada semua siswa, “Apakah kalian sudah tahu cita-cita kalian?”. Guru menegaskan bahwa memiliki sebuah cita-cita merupakan hal yang penting untuk memacu semangat belajar dan berjuang mencapai apa yang diinginkan. Guru secara khusus meminta kepada siswa kelas V untuk saat ini mulai memikirkan apa cita-cita yang ingin mereka raih dan saat masuk kelas nanti, tugas pertama hari ini adalah saling bercerita dengan kawan sebangku tentang cita-cita mereka. Dan mengisi lembar pertanyan dengan informasi yang didapat dasri cerita teman sebangkunya.
Selanjutnya guru memberikan instruksi singkat kepada siswa kelas IV bahwa mereka akan melaksanakan pengamatan di lapangan secara berkelompok (masing-masing 3 orang) tentang sumber daya alam yang ada di sekitar sekolah. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelajaran yang lalu tentang Sumber Daya Alam dan dilakukan mengikuti panduan LKS yang akan diberikan oleh guru.  Ketua kelas dan sie Keamanan ditugaskan menjaga keamanan dalam berkegiatan ini.
Setelah itu, guru memberikan LKS kepada sekretaris kelas untuk dibagikan kepada masing-masing siswa kelas IV dan langsung diijinkan untuk memulai kegiatan pengamatan di luar kelas. Sementara itu siswa kelas III dan V berbaris memasuki kelas. Guru mengingatkan siswa kelas V untuk melangsungkan kegiatan bercerita tentang cita-cita kepada kawan sebangkunya. Sedangkan guru masuk ke kelas III.

Kegiatan Inti I (+10 menit)
Di kelas III, guru memulai pelajaran matematika dengan menanyakan materi pertemuan yang lalu tentang pengertian sudut dan jenis-jenis sudut. (Sudut merupakan dua buah sinar garis yang bertemu di satu titik). Kemudian guru menunjukkan beberapa gambar sudut (sudut lancip, tumpul, siku-siku, dan lurus) sekaligus bertanya-jawab tentang benda-benda di sekitar yang memiliki sudut. Selanjutnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3 orang untuk mengelompokkan gambar-gambar sudut yang diberikan oleh guru sesuai jenisnya Siswa juga diberikan LKS yang serupa dengan kegiatan yang sedang berlangsung. Sementara siswa kelas III mengerjakannya, guru berpindah ke kelas V. Ketua kelas III ditugaskan menjaga ketertiban kelas.

Kegiatan Inti II (+ 10 menit)
Di kelas V, guru memeriksa kesiapan siswa dalam mengerjakan tugas bercerita dengan cara menanyakan kepada teman sebangku tentang hal-hal yang berhubungan dengan cita-cita kawannya. Lalu guru membagikan teks puisi tentang cita-cita berikut beberapa pertanyaan berkenaan dengan puisi tersebut. Salah seorang siswa diminta membacakan puisi tersebut di depan kelas kemudian anggota kelas bertanya-jawab tentang isi dari puisi tersebut. Setelah itu guru memberikan tugas LKS yang harus dikerjakan secara individual. Guru kemudian meninggalkan kelas V dan memanggil siswa kelas IV untuk masuk kelas.

Kegiatan Inti III (+ 10 menit)
Hasil pengamatan lapangan yang telah dilakukan oleh siwa kelas IV dibahas bersama. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya secara bergantian. Guru memberikan komentar dan perbaikan yang diperlukan. Selanjutnya siswa diberi tugas LKS untuk dikerjakan secara individu. Guru kemudian beralih kembali ke kelas III.



Kegiatan Inti IV (+ 10 menit)
Di kelas III, guru mengecek hasil kerja siswa di papan tulis dan membahas hasil kerja LKS bersama-sama. Lalu guru menerangkan tentang definisi masing-masing jenis sudut beserta contohnya. Setelah itu siswa diberi soal latihan berikutnya. Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengerjakan soal latihan yang diberikan secara mandiri. Guru meninggalkan kelas III dan beralih ke kelas V.

Kegiatan Inti V (+ 10 menit)
Pemeriksaan hasil kerja siswa kelas V dilakukan dengan cara meminta siswa bergiliran menjawab pertanyaan di LKS yang telah mereka kerjakan. Guru memberikan komentar dan perbaikan yang diperlukan. Setelah selesai, guru dasn siswa bertanya-jawab tentang cara membuat puisi. Siswa kemudian ditugaskan untuk membuat puisi tentang cita-citanya sendiri berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan panduan. Jika tidak selesai, siswa boleh melanjutkannya di rumah.

Kegiatan Akhir / Penutup (+ 10 menit)
Kegiatan belajar mengajar hari ini di kelas V telah ditutup oleh guru di kelas tersebut dengan riviu umum dan penguatan dari guru.

Untuk menutup pelajaran di kelas III dan IV, siswa digabungkan di kelas III untuk menerima riviu umum dan penguatan dari guru, serta pemberian tindak lanjut jika diperlukan.

D.   Sumber / bahan belajar
Mata Pelajaran Matematika kelas III
-          Alat peraga busur derajat dan penggaris segitiga
-          Gambar-gambar berbagai jenis sudut
-          Lembar kerja siswa
-          Benda-benda sekitar yang memiliki sudut
-          Buku sekolah elektronik Matematika kelas 3 untuk SD/MI kelas 3 karangan R.I. Sunaryo, bab 6, halaman 90-94. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Mata Pelajaran IPA kelas IV
-          Lingkungan sekitar
-          Lembar kerja siswa
-          Buku sekolah elektronik Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kelas IV karangan S. Rositawaty, Aris Muharam, bab 10, halaman 170-174. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
-          Teks puisi bertema cita-cita
-          Lembar kerja siswa
-          Buku sekolah elektronik Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 5 untuk Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, karnagan : Edi Warsidi dan Farika bab 10, halaman 93. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

E.    Metode
Ceramah, Tanya-jawab, kerja kelompok, penugasan, pengamatan lapangan (kelas IV), latihan soal

F.    Penilaian
Mata Pelajaran Matematika kelas III
-          LKS (kelompok) tentang jenis-jenis sudut
-          LKS (individu) tentang jenis-jenis sudut

Mata Pelajaran IPA kelas IV
-          Lembar Kerja Kelompok, mengisi tabel tentang Jenis-Jenis Makhluk Hidup yang Menghasilkan Sumber Daya

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
-          Puisi tentang cita-cita dan soal latihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar