Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tema :
Binatang
Kelas/semester : 2 / II
Waktu : 2 (dua) minggu, 8 kali pertemuan,
(8
x
3 jam pelajaran x 35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
Bahasa
Indonesia
1.
Mendengarkan : memahami pesan pendek dan cerita yang dilisankan
2.
Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi yang
berhubungan dengan cerita yang didengar
3.
Membaca : memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan
membaca dalam hati
4.
Menulis : menulis permulaan dengan mendeskripsikan binatang
di sekitar dan menyalin puisi anak
IPS
Memahami
peran dan komunikasi dalam lingkungan sosial dengan teman sebaya
IPA
Bumi
dan alam semesta: memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari bagi makhluk dalam
kehidupan sehari-hari
Matematika
Bilangan:
melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
1.
Mendengarkan : menceritakan kembali isi cerita yang didengar
2.
Berbicara : mendeskripsikan binatang dalam cerita sesuai ciri-cirinya
dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
3.
Membaca : membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan
memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
4.
Menulis : mendeskripsikan binatang di sekitar secara
sederhana dengan bahasa tulis
IPS
Mendemostrasikan
peran dan komunikasi dalam lingkungan sosial dengan teman sebaya
IPA
Mendeskripsikan berbagai
peristiwa alam di bumi
Mendeskripsikan kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
Mendeskripsikan
sumber-sumber energi buatan, serta kegunaan energi listrik
Matematika
Bilangan:
·
melakukan perkalian bilangan yang
hasilnya bilangan dua angka
·
melakukan pembagian bilangan dua
angka
C.
Indikator
Bahasa
Indonesia, peserta
didik mampu:
Ø
Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan
Ø
Menceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri
Ø
Menirukan gerak dan suara binatang tertentu
Ø
Menjelaskan ciri-ciri binatang secara rinci (nama, ciri khasnya,
suaranya) dengan pilihan kata dan kalimat secara runtut
Ø
Mendeskripsikan ciri-ciri binatang oleh seorang teman dan teman lainnya
menebak
Ø
Membaca teks bergantian dengan teman sekelas
Ø
Membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring
Ø
Menulis kalimat yang didiktekan dengan kata yang berhubungan dengan
binatang dan alam sekitar
IPS, peserta didik mampu:
Ø
Menceritakan keadaan lingkungan sosial di sekitarnya yang berhubungan
dengan teman sebaya
Ø
Memberikan contoh cara berkomunikasi yang baik dengan teman sebaya
IPA,
peserta didik
mampu:
Ø
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan
sehari-hari
Ø
Menyebutkan sumber energi buatan
Ø
Memberi alasan penggunaan energi listrik
Matematika,
peserta didik
mampu:
Ø
Mengenal arti perkalian sebagai penjumlahan berulang
Ø
Mengenal arti pembagian
Ø
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
I.
Tujuan
Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
Ø
Peserta didik mampu mendengar, menyimak, dan menanggapi cerita yang
didengarkan
Ø
Peserta didik mampu menjawab pertanyaan lisan tentang cerita yang
didengarkan
Ø
Peserta didik mampu menceritakan kembali isi cerita yang didengarkan
Ø
Peserta didik mampu menulis karangan singkat sederhana yang berhubungan
dengan tema binatang
IPS
Ø
Peserta didik mampu mengidentifikasi yang termasuk peran seorang teman
dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Peserta didik mampu menceritakan tentang keadaan lingkungan sosial di
sekitarnya yang berhubungan dengan teman sebaya
Ø
Peserta didik mampu menceritakan cara berkomunikasi yang baik dengan
teman sebaya
Ø
Peserta didik mampu mengaplikasikan kemampuan komunikasi dengan teman
sebaya dalam kehidupannya sehari-hari
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan akibat yang ditimbulkan dari komunikasi
yang salah/ kesalahpahaman dengan teman sebaya
IPA
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan berbagai sumber energi alam dan buatan
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan kegunaan energi bagi makhluk hidup
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan pengaruh matahari bagi bumi
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan pengaruh matahari bagi makhluk hidup
Ø
Peserta didik mampu menyebutkan akibat yang ditimbulkan jika tidak ada
sumber energi
Matematika
Ø
Peserta didik mampu menyelesaikan perkalian sebagai penjumlahan berulang
Ø
Peserta didik mampu menghitung perkalian sampai 5 x 10
Ø
Peserta didik mampu menyelesaikan pembagian sebagai pengurangan
berulang sampai habis
Ø
Peserta didik mampu mengaplikasikan perkalian dan pembagian ini dalam
kehidupan sehari-hari
II.
Langkah – langkah (3 x 35 menit) Waktu (menit)
A.
Kegiatan
Awal 15
Ä
Memeriksa
kesiapan kelas (kerapihan, kebersihan, kelengkapan atribut dan alat tulis)
Ä
Berdoa
(jika pelajaran pertama)
Ä
Memberi
salam
Ä
Mengabsen
peserta didik
Ä
Bercerita
atau mengajukan pertanyaan yang mengacu pada materi yang akan disampaikan
Ä
Menginformasikan
materi yang akan diajarkan
|
B.
Kegiatan Inti
Ä
Guru
memperlihatkan alat peraga berupa boneka tangan berbentuk binatang dan meminta peserta
didik untuk menyebutkan nama-nama binatang yang mereka ketahui beserta bunyi
khasnya
Ä
Peserta
didik menyimak cerita yang disampaikan oleh guru secara lisan dengan menggunakan
alat peraga tersebut
Ä
Peserta
didik menanggapi cerita yang didengar. Saat bercerita guru juga berusaha untuk
menarik keterlibatan peserta didik dalam:
§
mengeluarkan
bunyi khas sesuai dengan binatang yang diperagakan
§
menebak
jawaban atas pertanyaan dari salah seorang tokoh cerita
Ä
Guru
memberikan stimulus respon terhadap peserta didik tentang kesopanan dalam
lingkungan sosial
Ä
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sehubungan dengan cerita yang
baru didengar
Ä
Peserta
didik menceritakan kembali cerita yang baru didengar dengan bahasanya sendiri
yang sederhana dan ditanggapi oleh peserta didik / kawan lainnya
Ä
Guru
bertanya dan peserta didik:
Ü
menyebutkan
contoh berbagai sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
Ü
menyebutkan
beberapa contoh sumber panas dan cahaya
Ü
menyebutkan
contoh pengaruh dan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi bumi dan makhluk
hidup sesuai yang disebutkan dalam cerita dan menambahkannya dengan
pengetahuannya sendiri
Ä
Guru
memberikan contoh soal yang berhubungan dengan perkalian hingga 5 x 10 melalui
media peraga (boneka tangan). Peserta didik menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan perkalian hingga 5 x 10
Ä
Guru
memberikan contoh soal yang berhubungan dengan pembagian. Peserta didik
menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pembagian dua angka
|
C.
Kegiatan Akhir
1.
Guru
memberikan beberapa pertanyaan sebagai penguatan sejauh mana materi dapat
diserap dan dikuasi oleh peserta didik (post test)
2.
Guru
memberikan penilaian secara : tertulis, lisan, perbuatan
3.
Guru
memberikan tugas berupa portofolio, lembar pengamatan, dan observasi
III. Alat
Pembelajaran dan Sumber Belajar
ü Buku Paket Tematik
ü Alat peraga (boneka tangan)
ü Media cetak (gambar)
ü Media elektronik (video, LCD proyektor)
ü Lingkungan sekitar
ü Kreatifitas guru
IV. Penilaian
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1.
Keberanian menirukan suara dan bercerita
2.
Ketepatan menjawab pertanyaan singkat
3.
Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan
Tertulis :
1.
Isian
2.
Pilihan Ganda
3.
Esai/uraian
4.
Tes perbuatan
5.
Portofolio
6.
Tugas lain
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V.
Materi Pokok
Bahasa
Indonesia
Bacaan pendek tentang
binatang (mendengarkan cerita)
IPS
Lingkungan sosial di
sekitar
IPA
Sumber energi dan
kegunaannya
Pengaruh matahari bagi
bumi dan makhluk hidup
Matematika
Perkalian
sebagai penjumlahan berulang, sampai 5 x 10
Pembagian sebagai
pengurangan berulang hingga habis
VI. Metode
Pembelajaran
v Demonstrasi (bercerita)
v Ceramah klasikal
v Tanya jawab
v
Diskusi
kelas
v
Pemberian
tugas
v
Latihan
soal
Batam, Mei 2011
Guru Kelas
Yenny Lies
Lampiran (1) Soal / Pertanyaan
Ø
Lisan:
Ø
Menjawab
pertanyaan singkat
Bahasa
Indonesia
§
Siapa yang
tahu ini binatang apa? (guru bertanya sambil mengeluarkan boneka tangan
berbentuk bebek/ayam/kucing/dll atau berupa
gambar)
§
Bagaimana
bunyinya? (kwek-kwek/petok-petok/meong/dll)
§
Siapa yang
bisa menirukan suara bebek/ayam/kucing/dll?
§
Bentuk
pertanyaan divariasikan: Kalau yang ini binatang apa namanya?/Nah, kalau yang
ini binatang apa ya?/Kalau yang bunyinya kukuruyuk?, dll.
IPA
§
Apakah
matahari berguna bagi manusia/binatang/tumbuhan? YA
§
Apa
gunanya? Memberi cahaya, energi
§
Si Mumu
(sapi) tidak suka dengan matahari, mengapa? (matahari
panas) Apakah sikapnya benar? (Tidak) Mengapa?
Panas matahari berguna bagi kita)
§
Selain
matahari, apakah kita mempunyai sumber tenaga/energi yang lain? (Ya, ada). Apa contoh sumber energi buatan? (Listrik)
§
Apa guna
tenaga listrik bagi kita? (Untuk lampu/penerangan,
setrika, televisi, dll)
IPS
§
Kalau ada
teman kita yang memberi salam, kita harus bagaimana? Membalasnya
§
Supaya disukai
teman, kita harus bersikap bagaimana? Sopan dan ramah
Matematika
§
Berapa
biasanya jumlah kaki seekor kambing? 4
§
Jika ada
10 ekor kambing, berapa jumlah kaki semua kambing tersebut?
10 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4
+ 4 = 40
Ø
Bercerita
§
Siapa yang
masih ingat dengan cerita ibu guru tadi? (sesuai tanggapan
peserta didik)
§
Siapa di
antara kalian yang suka sama kucing? (peserta didik
menunjuk jari dan guru memilih salah satu peserta didik untuk maju ke muka
kelas)
§
Coba kamu
ceritakan pada teman-teman, mengapa kamu suka kucing? (sesuai
jawaban peserta didik)
§
Siapa yang berani memberi tebak-tebakan tentang binatang pada
teman-temannya? (sesuai
tanggapan peserta didik)
Ø
Membaca
§ Ayo kita buka buku cetak
halaman 37. Di sana ada sebuah cerita menarik yang berjudul “Angsa yang
Malang”. Mari kita baca bersama. Ikuti contoh dari Ibu ya…
§ Nah, sekarang coba (guru
memanggil salah satu nama peserta didik) baca alinea pertama… (dan seterusnya
secara bergantian dengan peserta didik lain)
Ø
Tertulis: pilihan ganda, isian singkat, esai
Pilihan
ganda, contoh soal:
1.
Ibu
membeli sepuluh ekor ikan. Lalu membaginya kepada saya dan kakak sama rata.
Jadi saya dan kakak masing-masing menerima ikan ……… ekor. (matematika)
a.
dua b. tiga c. empat d. lima
Kunci: A
2.
Matahari
membantu tumbuhan untuk ……….. (IPA)
a.
pindah b. layu c.
mati d. tumbuh
Kunci: D
3.
Kepada
teman kita harus bersikap ……. (IPS)
a.
kasar
b. sopan c. sombong d. masa bodo
Kunci: B
4.
Binatang ini
biasanya berwarna hijau dan memiliki empat kaki. Ia dapat hidup di darat dan di
air. Jika musim hujan, ia sering berbunyi kwok kwok. Ia adalah ….. (Bahasa
Indonesia)
a.
katak b. bebek c. burung d.
ular
Kunci: A
Isian
singkat, contoh soal:
1.
Binatang
yang biasa bersuara kwek-kwek adalah bebek
(Bahasa Indonesia)
2.
Matahari berguna
bagi tumbuhan untuk membuat makanan.
IPA
3.
Jika
bertemu teman, kita harus memberi salam (IPS)
4.
Lima ekor
kambing memiliki 20 kaki.
(matematika)
Esai/uraian,
contoh soal:
1.
Binatang
apa yang paling kamu sukai? Mengapa kamu menyukainya? (Bahasa Indonesia)
Jawaban sesuai pilihan peserta didik
dilengkapi dengan alasan yang logis menurut pemikiran peserta didik
2.
Seekor
ayam betina bertelur sebanyak 3 butir perhari. Setelah ayam itu bertelur selama
5 hari, berapa butir telur yang ada semuanya? (matematika)
Jawab: 5 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15
Jadi telur yang ada semuanya adalah 15
butir.
3.
Sebutkan 3
manfaat matahari bagi manusia! (IPA)
Jawaban (minimal 3 macam):
² Memberikan cahaya/terang (membuat kita
dapat melihat sekeliling)
² Untuk menjemur/mengeringkan pakaian
² Membuat tumbuhan subur (yang digunakan
untuk makanan bagi manusia)
² Mengandung vitamin D (yang berguna untuk
pertumbuhan tulang)
² Dan jawaban lain yang sesuai
4.
Bagaimana
kita harus bersikap jika bertemu dengan teman di jalan?
Jawaban (minimal 1 macam):
² Memberi salam
² Memberi senyum
² Bersikap sopan
² Bersikap ramah
² Dan jawaban lain yang sesuai
Ø Perbuatan: menirukan
gerak dan suara binatang tertentu
Guru atau seorang teman
menyebutkan jenis binatang tertentu dan teman lainnya menirukan bunyi khasnya.
Misalnya:
v bebek à kwek kwek kwek
v ayam betina à petok petok
v ayam jantan à kukuruyuk
v kucing à meong
v sapi à mu… mu…
v ular à sssshhh
dan sebagainya
Ø
Portofolio berupa gambar binatang kesukaan
Peserta didik ditugaskan untuk menggambar seekor
binatang yang disukainya dan menuliskan nama binatang tersebut di bagian bawah
gambar serta menulis karangan singkat tentang deskripsi binatang tersebut dan
apa mengapa peserta didik menyukainya
Contoh soal:
Gambarlah binatang yang kamu sukai sesuai dengan
ciri-cirinya dan tuliskan mengapa kamu menyukainya! (IPA dan Bahasa Indonesia)
Hasil kerja sesuai dengan kreasi peserta
didik yang menunjukkan ciri-ciri khusus binatang tersebut, misalnya bebek:
paruhnya tumpul, bersayap, berkaki dua dan berselaput, dll. Dilengkapi dengan
keterangan alas an peserta didik menyukai binatang tersebut.
Ø
Tugas lain: kliping gambar binatang beserta namanya (IPA)
Peserta didik ditugaskan untuk mengumpulkan beberapa
gambar binatang dan menempelkannya pada selembar kertas dan menuliskan
nama-nama binatang tersebut di bawah gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar