RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD .............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
V/ I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit ( Pertemuan 1 )
KKM :
70
Standar Kompetensi
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah
masalah
Kompetensi Dasar
3.1. Menghitung luas layang-layang
Indikator
1. Kognitif:
Produk
Ø Menghitung
luas layang-layang
Proses
Ø Melakukan
kegiatan matematis untuk menghitung luas layang-layang
2. Afektif :
1) Memperhatikan penjelasan dari guru
2) Berperan aktif dalam pembelajaran
3. Psikomotor :
1) Aktif menjawab
pertanyaan guru
2)
Aktif mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
I. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
a. Melalui
penjelasan guru peserta didik dapat menyebutkan bentuk bangun datar layang-layang
b. Melalui
diskusi peserta didik dapat menghitung luas layang-layang
Proses
a. Melalui
penjelasan guru, peserta didik dapat melakukan kegiatan untuk menyebutkan
bentuk bangun datar
b. Melalui
diskusi, peserta didik dapat melakukan kegiatan dalam menghitung luas laying-layang.
2. Afektif
1) Peserta didik dapat memperhatikan
penjelasan dari guru
2) Peserta didik dapat berperan aktif
dalam pembelajaran
3) Peserta didik dapat bekerjasama
dengan kawan-kawan sekelasnya
3. Psikomotor
1) Peserta didik aktif mengerjakan tugas
dari guru
2) Peserta didik terampil mengerjakan
tugasnya
III. Materi Ajar
Rumus luas layang-layang
adalah
L
= ½ x
d1 x d2
dengan:d 1 dan d2 adalah panjang
diagonal 1 dan 2.
IV. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi ,
penugasan
V. Karakter peserta didik yang
diharapkan, yaitu:
ü Mandiri
ü Rasa
ingin tahu
ü Teliti
ü Kerja
keras
ü Disiplin
VI. Langkah – Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
§ Kegiatan awal
-
Guru memeriksa kesiapan kelas dan peserta didik
(kebersihan, kerapihan, kelengkapan) serta mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
-
Mengisi daftar kelas dan
absensi, berdoa bersama
-
Motivasi peserta didik untuk
mengeluarkan pendapat.
-
Apresepsi: mengulang kembali materi tentang bangun datar yang pernah dipelajari
peserta didik sebelumnya, misalnya segitiga, persegi, persegi panjang, jajaran
genjang, dll
|
10 menit
|
§ Kegiatan
Inti
1.
Menjelaskan tentang bangun datar layang-layang
beserta rumus pokoknya.
2.
Membahas permasalahan yang ada pada soal latihan mengenai luas
layang-layang secara
bersama-sama.
3.
Membentuk kelompok.
4.
Berdiskusi dalam kelompok untuk mencari luas bangun datar
layang-layang dengan
menggunakan rumus yang diberikan.
5.
Menguji keterampilan peserta didik dengan soal-soal latihan luas
bangun datar layang-layang.
6.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
7.
Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
§ Kegiatan Penutup
Mereview kembali materi yang telah didiskusikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
|
5 menit
|
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat peraga : berbagai macam gambar
bangun datar
Sumber Belajar : R.J. Soenarjo. 2007. Matematika
5 untuk SD/MI Kelas V, Jakarta:
Pusat Perbukaan, Departemen Pendidikan Nasional.
VIII. Penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Jenis : Lembar Kerja – lihat lampiran
Perolehan nilai peserta
didik:
|
|
jumlah skor benar .
jumlah skor maksimal
Mengetahui Batam, 28 Oktober 2013
Ka. SD....... Mahasiswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar