1.Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia,
oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
A. berbudaya
B. susila
C. beragama
D. sosial
A. salah, karena Aristoteles tidak melihat manusia sebagai
makhluk yang berbudaya
B. salah, sebab faktor susila tidak dianggap penting
C. salah, sebab agama dianut oleh manusia setelah mereka ada
D. benar, karena inti dari manusia sebagai makhluk adalah
mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri
2.Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan
ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan
manusia ....
A. bersifat tertutup
B. berbeda dengan hewan
C. bersifat terbuka
D. memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum
A. salah, karena perkembangan manusia bersifat terbuka
B. salah, sebab secara fisik manusia memang berbeda dengan
hewan
C. benar, karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh
sebab itu manusia dapat dididik
D. salah, sebab perbedaan antara manusia dengan hewan cukup
banyak
3.Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik,
dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai
yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
A. potensialitas
B. moralitas
C. dinamika
D. sosialitas
A. salah, sebab asas potensialitas lebih mengutamakan
potensi yang ada pada diri setiap manusia
B. benar, sebab asas moralitas mengajarkan bahwa manusia
memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
C. salah, sebab asas dinamika berpendapat bahwa manusia
selalu aktif dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya
D. salah, sebab asas sosialitas berpendapat bahwa manusia
harus selalu hidup secara bersama-sama dengan manusia lainnya
4.Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia
agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena
pendidikan bersifat ....
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
A. benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya
memanusiakan manusia
B. salah, sebab individualitas merupakan orang perorangan
C. salah, sebab sifat manusia selain bersifat
individualitas, mereka juga sebagai makhluk sosial
D. salah, sebab definisi di atas tidak melmperihatkan adanya
aspek potensi manusia
5.Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang
pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat
ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga
bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali
menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari
sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal
sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan
murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
A. merupakan martabat orang perorang
B. hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C. hak asasi manusia
D. pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi
baik
A. salah, sebab pendidikan itu bukan martabat seseorang,
namun pendidikan dapat mengangkat martabat seseorang
B. salah, sebab pendidikan boleh diikuti oleh siapa saja,
tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
C. benar, sebab pendidikan merupakan hak asasi setiap orang,
oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
D. salah, sebab pendidikan bukan satu-satunya sarana yang
dapat merubah kepribadian seseorang
6.Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang
bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang
dimaksud adalah ....
A. religius pendidikan
B. ilmiah pendidikan
C. filosofis pendidikan
D. yuridis dan hukum pendidikan
A. salah, sebab asumsi religius pendidikan bersumber dari
agama sebagai titik tolak praktek pendidikan
B. benar, sebab asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber
dari berbagai disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
C. salah, sebab asumsi filisofis pendidikan bersumber dari
filsafat sebagai titik tolak praktek pendidikan
D. salah, sebab asumsi yuridis atau hukum pendidikan
bersumber dari aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai titik tolak
pendidikan
7.Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah
ini adalah ....
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun
2006
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
A. benar, sebab Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006
merupakan landasan yuridis pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab hanya Batang Tubuh UUD RI 1945 yang
dijadikan landasan yuridis pendidikan Indonesia
C. salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang
Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang
Pendidikan Dasar
8.Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab
itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan
aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap
pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
A. mental spiritual
B. filosofis
C. yuridis pendidikan
D. moral dan agama
A. salah, sebab berbagai asumsi di atas tidak ada kaitannya
dengan mental spiritual
B. benar, sebab landasan mental spiritual dimulai dengan
berbagai asumsi di atas
C. salah, sebab landasan yuridis pendidikan bersumber kepada
UUD 1945, UU, PP, atau yang lainnya yang masih berlaku disuatu tempat
D. salah, sebab landasan moral agama adalah ajaran-ajaran
agama dan kitab suci masing-masing agama
9.Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia,
tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada
anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi
yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari
aliran pendidikan menurut ....
A. Nativisme
B. Empirisme
C. Konvergensi
D. Behaviour
A. benar, sebab menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan
bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang
B. salah, sebab Empirisme memandang faktor lingkungan dan
pendidikanlah yang paling penting dan paling berpengaruh pada diri seseorang
C. salah, sebab Konvergensi memandang bahwa faktor
keturunan, bawaan, bakat, pendidikan, dan lingkungan, sama-sama berpengaruh
terhadap seseorang
D. salah, sebab menurut aliran Behaviour perubahan tingkah
laku seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan
norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan
kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh
....
A. Peter L. Berger
B. Komblum
C. Theodorson. G.A
D. Piaget
A. salah, sebab Peter L. Berger mendefinisikan tentang
pengendalian sosial
B. salah, sebab Komblum mendefinisikan struktur sosial yaitu
hubungan individu/kelompok secara berulang-ulang
C. benar, sebab definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson
G.A
D. salah, sebab Piaget membahas tentang perkembangan anak
dari usia 0 - 21 tahun
11.Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber
dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka
praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A. psikologi
B. sosiologi
C. antropologi
D. pedagogik
A. salah, sebab psikologi adalah ilmu yang mempelajari
tentang tingkah laku manusia
B. salah, sebab sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang
hubungan manusia satu dengan manusia lain, baik secara individu maupun kelompok
C. benar, sebab definisi di atas merupakan bidang kajian
Antropologi
D. salah, sebab pedagogik adalah ilmu yang mempelajari
tentang berbagai ilmu pendidikan/ilmu mendidik
12.Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan
historis pendidikan Indonesia ....
A. zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
A. benar, sebab zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab UUD RI Tahun 1945 merupakan landasan yuridis
pendidikan Indonesia
C. salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang
Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang
Pendidikan Dasar
13.Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju
atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan
merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A. ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri
handayani
B. Human invesment
C. deviant behaviour
D. pranata sosial
A. salah, sebab pernyataan di atas mengemukakan tentang
bagaimana peranan guru di Indonesia
B. benar, sebab dengan pendidikan menyebabkan seseorang
menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi
C. salah, sebab deviant behaviour merupakan penyimpangan
tingkah laku
D. salah, sebab pranata sosial merupakan sistem/peran dan
norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi
14.Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji
bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat
orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun
demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja
pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi
Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A. mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B. anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di
sekolah negeri
C. dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D. semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara
kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata
A. salah, sebab tidak semua keluarga guru yang hidupnya
pas-pasan mempunyai anak-anak yang pandai
B. salah, sebab belajar di sekolah negeri bukan jaminan anak
akan menjadi pandai
C. salah, sebab sumber biaya bukan penyebab anak menjadi
pandai
D. benar, sebab anak yang dididik secara prihatin, dan
memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai
15.Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat,
keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua
bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A. garis keturunan
B. pemegang kekuasaan
C. bentuk perkawinan
D. keutuhan keluarga
A. salah, sebab berdasarkan garis keturunannya, keluarga
dibedakan dalam tiga bentuk yaitu patrilineal, matrilineal, dan bilateral
B. benar, sebab berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan
dibagi seperti tersebut di atas
C. salah, sebab dari bentuk perkawinan, keluarga dibagi
menjadi keluarga poligami, monogami, dan poliandri
D. salah, sebab berdasarkan keutuhannya, keluarga dibedakan
atas keluarga utuh, keluarga bercerai, dan keluarga pecah semu
16.Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan
kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota
masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud
adalah tujuan dari ....
A. instruksional umum
B. instruksional khusus
C. pendidikan nasional
D. pendidikan sekolah
A. salah, sebab TIU merupakan tujuan yang ingin dicapai
secara umum
B. salah, sebab TIK adalah tujuan operasional pembelajaran
secara khusus
C. salah, Tujuan Pendidikan Nasional adalah membentuk
manusia Indonesia berpancasila, berkepribadian, dan bertaqwa kepada Tuhan YME
D. benar, sebab tujuan pendidikan sekolah adalah seperti
tersebut di atas
17.Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang
penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang,
tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A. kursus bahasa Inggris
B. kejar Paket A dan Paket B
C. secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi
ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D. kursus komputer dan perbengkelan
A. salah, sebab kursus bahasa Inggris selalu dilaksanakan
secara terstruktur dan berjenjang
B. salah, sebab kejar Paket A dan B dilaksanakan seperti
pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya
C. benar, memanggil guru agama kerumah untuk berceramah,
umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
D. salah, sebab kursus komputer dan perbengkelan
dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
18.Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai
oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di
perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di
atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang
dimaksud di bawah ini ....
A. guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian
secara sendiri-sendiri
B. kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang
mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C. baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran
untuk bisa maju secara bersama-sama
D. siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik,
tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah
A. salah, sebab mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
belum tentu siswa akan memperoleh hasil yang maksimal
B. salah, sebab kesibukan guru di luar jam mengajar,
mengakibatkan pelajaran yang diperoleh dari guru tersebut tidak maksimal
C. benar, sebab jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh
secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai
D. salah, sebab jika kompetensi siswa tidak mendapatkan
perhatian dari orang tua dan guru, akan mengakibatkan siawa menjadi frustasi
19.Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum
pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin
agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat
alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A. semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik
harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
B. semua guru harus menguasai berbagai kompetensi mengajar
C. kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor
perkembangan peserta didik
D. media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan
sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
A. benar, sebab hakikat peserta didik harus disesuaikan
dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya
B. salah, sebab kompetensi mengajar guru yang bagus, bukan
implikasi pernyataan di atas
C. salah, sebab kurikulum itu hanya salah satu bagian yang
digunakan dalam proses pendidikan
D. salah, sebab media hanya merupakan satu bagian dari
sarana pendidikan yang dimaksud
20.Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada
seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus
untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A. pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan
untuk menciptakan kedewasaan anak
B. harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan
dan pergaulan tersebut
C. ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara
anak dan orang dewasa
D. memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di
sekolah
A. benar, sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik
yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
B. salah, sebab hubungan dan pergaulan dengan sesama manusia
tidak perlu menggunakan undang-undang
C. salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan tidak
harus memiliki sarana dan media
D. Salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan bisa
terjadi kapan saja dan dimana saja
21.Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka
memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat
kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat
teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah
perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa
penyebabnya?
A. pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak
Ali dihormati karena pendiamnya
B. pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak
Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C. dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan,
tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D. guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru
yang memperhatikan dan menyayangi siswanya
D. benar, sebab guru yang berwibawa dan menyayangi mereka
akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
22.Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal
membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa
depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan
ini dikemukakan oleh aliran ....
A. Behavior
B. Progresivisme
C. Humanisme
D. Psikologi kognitif
A. salah, sebab behavior memandang tingkah laku yang baik
adalah akibat adanya aksi, dan reaksi organisme terhadap lingkungannya
B. salah, Progresivisme merupakan gerakan yang dilandasi
oleh filsafat tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang tradisional
C. benar, sebab pandangan humanisme terhadap pendidikan
seperti tersebut di atas
D. salah, aliran ini menganggap guru perlu untuk menekankan
pemahaman hubungan pengorganisasian dan kebulatan dalam belajar
23.Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia
mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan
pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis?
Pengalaman itu ....
A. terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B. baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang
setiap saat
C. hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua
perubahan yang terjadi secara terus menerus
D. terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama
individu terlibat pergaulan
A. salah, sebab rumusan butir A merupakan uraian dari
spasial
B. salah, sebab rumusan butir B merupakan uraian dari
temporal
C. salah, sebab rumusan butir C merupakan uraian dari
dinamis
D. benar, sebab pluralistis membicarakan tentang pentingnya
hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman
24.Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang
nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan
masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang
pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A. Behaviorisme
B. perenialisme
C. Nativisme
D. Konvergensi
A. salah, sebab behaviorisme adalah aliran yang memandang
bahwa perubahan tingkah laku dalam belajar yang terpenting
B. betul, sebab pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai
kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
C. salah, sebab nativisme adalah aliran yang berpandangan
bahwa hereditas adalah faktor yang paling penting bagi pertumbuhan manusia
D. salah, sebab konvergensi adalah aliran yang berpandangan
bahwa faktor hereditas, lingkungan dan pendidikan, sama-sama pentingnya bagi
manusia
25.Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya
bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema
utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A. Perenialisme
B. Progresivisme
C. Kontruktivisme
D. Esensialisme
A. salah, sebab perenialisme adalah aliran yang percaya pada
nilai-nilai dan norma-norma yang abadi dalam kehidupan
B. salah, sebab aliran ini merupakan gerakan pendidikan yang
dilakukan oleh suatu perkumpulan yang dilandasai oleh filsafat tertentu
C. benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia
pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
D. salah, sebab esensialisme merupakan aliran yang berusaha
mencari dan mempertahankan hal-hal yang esensial
26.Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua
orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis.
Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya
tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan
....
A. Hindu - Budha
B. Islam
C. Pengaruh Portugis dan Spanyol
D. Kolonial Belanda
A. salah, pendidikan pada masa ini masih bersifat
aristokratis, pendidikan ditujukan hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya
saja
B. benar, sebab pendidikan pada masa Islam tidak
membeda-bedakan peserta didiknya
C. salah, sebab pendidikan pada masa ini lebih menekankan
kepada penyebaran agama Katolik
D. salah, sebab awal misi pendidikan zaman ini adalah misi
keagamaan (penyebaran agama Protestan)
27.Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi
pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang
lain yang digunakan, yaitu ....
A. UUD RIS Tahun 1950
B. UU Nomor 7 Tahun 1950
C. UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D. UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
A. salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan sebagai
landasan pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti UUD RIS
dan UU sementara RI
C. salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang digunakan
setelah tahun 1954
D. benar, sebab UU ini digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
28.Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka
meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A. masih rendahnya relevansi pendidikan
B. terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C. masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian
dari tantangan
D. kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional
A. salah, sebab rendahnya relevansi pendidikan merupakan
bagian dari tantangan
B. benar, sebab terbatasnya jumlah guru yang berkualitas
merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
C. salah, sebab tingginya angka putus sekolah merupakan
bagian dari tantangan
D. salah, sebab kurangnya peran dunia usaha dalam pendidikan
nasional merupakan bagian dari tantangan
29.Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki
tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah
menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A. Taman Siswa
B. Muhamadiyah
C. Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D. Pesanteren Tebu Ireng
A. benar, sebab Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas
pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
B. Salah, sebab Muhamadiyah merupakan salah satu organisasi
yang memiliki asas agama Islam
C. Salah, sebab INS memiliki asas lebih kepada latihan skill
D. Salah, sebab Pesantern Tebu Ireng berasaskan agama Islam
30.Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di
bawah ini ....
A. sistem religi dan upacara keagamaan
B. keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya
manusia
C. sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari
manusia
D. stabil dan berubah
A. salah, sebab sistem religi dan upacara keagamaan
merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
B. salah, sebab keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan
hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
C. salah, sebab suatu komplek aktivitas kelakuan berpola
dari manusia merupakan wujud kebudayaan
D. benar, sebab merupakan salah satu karakteristik
kebudayaan
31.Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui
cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya.
Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A. pranata kebudayaan
B. hubungan kebudayaan dan pendidikan
C. Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D. pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
A. salah sebab pranata kebudayaan merupakan uraian dari
kebudayaan dan pendidikan
B. salah, sebab hubungan kebudayaan dan pendidikan merupakan
uraian dari kebudayaan dan pendidikan
C. betul, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari
pendidikan sebagai proses enkulturasi
D. salah, sebab pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan
kebudayaan meruapakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
32.Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang
mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan
sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A. pranata kebudayaan
B. pendidikan sebagai ekulturasi
C. hubungan kebudayaan dan pendidikan
D. kepribadian dan kepribadian bangsa
A. benar, merupakan definisi dari pranata kebudayaan
B. salah, sebab enkulturasi meruapakan faktor yang
mempengaruhi kebudayaan manusia
C. salah, sebab di dalam hubungan antara kebudayaan dan
pendidikan terdapat hubungan komplementer
D. salah, sebab kepribadian dan kepribadian bangsa
meruapakan bagian dari kebudayaan dan kepribadian
33.Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak
kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk
kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A. Melayu
B. Vedoid (Wedda)
C. Negroid (Negrito)
D. Mongoloid
A. salah, sebab ras Melayu terbagi menjadi dua bagian, yaitu
proto melayu, dan deutoro melayu
B. salah, sebab ras Vedoid memiliki karakteristik sama
dengan ras Mongoloid
C. salah, ras Negroid memiliki karakteristik sama dengan ras
Mongoloid
D. benar, sebab ras Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti
tersebut di atas
34.Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia
(masyarakat) di Indonesia adalah ....
A. terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan
pergaulan
B. terletak diantara dua benua dan dua samudera
C. lingkungan sosial
D. terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
A. salah, sebab lingkungan pendidikan dan pergaulan bukan
merupakan lingkungan fisik manusia
B. benar, sebab lingkungan fisik manusia Indonesia terletak
diantara dua benua dan dua samudera
C. salah, sebab lingkungan sosial bukan merupakan lingkungan
fisik manusia
D. salah, sebab RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan merupakan
sistem kemasyarakatan
35.Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat
istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk
kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu,
Sumba, dan Alor
A. Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang
B. Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan
orang-orang tua sebagai wakil penduduk
C. pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang
disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D. Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora.
Dalam tugasnya dibantu oleh senina
A. salah, sebab Wanua merupakan bentuk kepemimpinan
tertinggi yang ada pada masyarakat Makasar
B. salah, sebab keuchi merupakan bentuk kepemimpinan
tertinggi yang ada pada masyarakat Aceh
C. betul, sebab kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu,
Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya seperti di atas
D. salah, sebab huta atau penghulu merupakan bentuk
kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Batak
36.Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus
berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu
implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A. nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B. nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C. UU RI No 20 Tahun 2003
D. Pembukaan UUD 1945
A. salah, sebab nilai-nilai pendidikan dan pergaulan bukan
akar implikasi pendidikan nasional
B.benar, sebab nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
merupakan akar implikasi pendidikan nasional
C. salah, sebab UU RI No 20 Tahun 2003 mengatur tentang
Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan
pendidikan nasional
37.Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan
nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien
dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A. Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun
2007
A. salah, sebab PP RI No 14 Tahun 2005 mengatur tentang guru
dan dosen
B. salah, sebab PP RI No 19 Th 2005 mengatur tentang Standar
Nasional Pendidikan
C. benar, UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem
Pendidikan Nasional
D. salah, sebab Peraturan Menteri Pendidikan No 16, tahun
2007 mengatur tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
38.Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian
keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan
lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi
syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A. berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B. memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai
dengan usia mereka masing-masing
C. berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D. bersifat nasional dan bermuatan lokal
A. salah, sebab Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK) merupakan
kurikulum yang terbit tahun 2004 dan berbasis pada kompetensi siswa
B. salah, sebab pertumbuhan dan perkembangan siswa merupakan
syarat pengembangan kurikulum bukan implikasinya
C. salah, sebab jenjang pendidikan merupakan bentuk
kurikulum berdasarkan tingkatan kelas dan sekolah
D. benar, sebab implikasi dari pengembangan kurikulum adalah
bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan lokal
39.Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah
dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi
terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A. meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B. terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C. keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang
sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D. relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan
lingkungan dan sosial budaya daerah
A. salah, sebab meningkatnya standar nasional mutu
pendidikan adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
B. salah, sebab terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
C. benar, sebab keragaman lingkungan fisik masyarakat
Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
D. salah, sebab relevansi pendidikan secara lokal adalah isi
dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
40.Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena
kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih
bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi
yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang
kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga
mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A. orang tua asuh
B. orang tua angkat
C. calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D. relawan dan dermawan
A. benar, sebab orang tua asuh adalah orang yang rela
membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
B. salah, sebab orang tua angkat belum tentu mau membiayai
sekolah anak-anak angkatnya
C. salah, sebab tindakan tetangga ibu Kamal dilakukan tanpa
pamrih dan tanpa mengharapkan akan mengawini ibu Kamal
D. salah, sebab relawan dan dermawan bisa membantu siapa
saja dan untuk keperluan apa saja, tidak harus untuk biaya pendidikan saja
41.Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia
sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus,
sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena
orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah tersebut.
Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda
ambil?
A. tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut
B. tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa bodoh
dengan siswa tersebut
C. melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada
orang tua siswa dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya tentang anaknya dengan
bukti-bukti yang dapat dimengerti mereka
D. melakukan pendekatan dengan orang tua siswa dengan
harapan mendapatkan imbalan dari mereka
C. benar, sebab pendekatan yang baik oleh guru diharapkan
dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah
42.Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila evidensi
sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan
tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
A. penyelidikan ilmiah
B. metode induksi - deduksi
C. proses originasi
D. hukum difusi
A. benar, sebab tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah
pembuktian tentang penyelidikan ilmiah
B. salah, sebab metode ini digunakan oleh Aristoteles untuk
menerangkan tentang dalil atau premis tertentu
C. salah, sebab originasi merupakan proses perubahan melalui
penemuan elemen-elemen baru
D. salah, sebab difusi merupakan peminjaman elemen budaya
baru dari kebudayaan lain
43.Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya
diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun
1999, yaitu tentang ....
A. untuk memberikan kekuasaan kepada daerah untuk
menyelenggarakan otonomi
B. bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. agar penyelenggaraan pemerintah dapat dilaksanakan lebih
demokratis
D. agar penyelenggaraan otonomi daerah dipandang perlu untuk
lebih menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat
A. salah, sebab memberikan keleluasaan kepada daerah
merupakan dasar pemikiran lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999
B. salah, sebab tujuan di atas merupakan pendapat yang
dikemukakan oleh Indra Djati Sidi
C. salah, sebab tujuan di atas merupakan tujuan penyerahan
wewenang beberapa urusan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
D. benar, sebab tujuan di atas merupakan pertimbangan
tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah
44.Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara
berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya,
komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di
atas merupakan uraian dari ....
A. problem solving
B. filsafat sistem
C. analisis sistem
D. manajemen sistem
A. salah, sebab problem solving merupakan suatu teknik pemecahan
masalah
B. benar, sebab filsafat sistem merupakan suatu pendekatan
tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan
C. salah, sebab analisis sistem merupakan suatu metode atau
teknik dalam memecahkan masalah
D. salah, sebab manajemen sistem merupakan aplikasi teori
sistem dalam rangka mengelola sistem organisasi
45.Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,
jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta
didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara
dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
A. umum
B. khusus
C. akademik
D. vokasi
A. salah, sebab pendidikan umum merupakan pendidikan dasar
dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan
B. salah, sebab pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan
pendidikan untuk mereka yang berkelainan
C. salah, sebab pendidikan akademik merupakan pendidikan
tinggi program sarjana dan pasca sarjana
D. benar, sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan
tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk memiliki pekerjaan
46.Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akibat
dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
A. terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan
pertumbuhan usianya
B. akibat dipupuk dan disiram setiap hari, tanaman bunga
menjadi subur dan besar
C. ditemukannya teknik membaca Alqur'an secara cepat melalui
metode iqro
D. akibat hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi
banjir dan terjadi kemacetan disemua jalan
A. salah, sebab perubahan fisik terjadi karena proses alami
B. salah, sebab pertumbuhan bunga yang subur dan besar, juga
bersifat alami
C. benar, sebab ditemukannya metode iqro akibat dari
penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
D. salah, sebab hujan dan banjir terjadi secara alami
47.Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah
komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi
inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari
komunikasi konvergen adalah ....
A. dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki
kesamaan satu sama lain
B. saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga
diperoleh saling pengertian
C. dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai
pengertian satu sama lain
D.adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling
pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan
A. salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari
komunikasi homofil
B. salah, sebab penjelasan di atas merupakan penjelasan dari
ragam komunikasi
C. salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari
komunikasi
D. benar, sebab ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah
seperti tersebut di atas
48.Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi
pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas,
fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang
digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang
paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara
nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
A. ukuran dan kewilayahan
B. kegiatan pemeliharaan terbatas
C. fasilitas fisik
D. prosedur yang digunakan
A. salah, sebab difinisi ukuran dan kewilayahan
mempersyaratkan kelompok orang atau geografis untuk melaksanakan inovasi
B. benar, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari
kegiatan pemeliharaan terbatas
C. salah, sebab fasilitas fisik adalah sistem sosial yang
mengaitkan berbagai fasilitas dan teknologi
D. salah, sebab prosedur yang digunakan merupakan sistem
sosial yang mengaitkan berbagai prosedur dan teknologi
49.a. Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang
berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi
mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka
bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
b. Di daerah tertentu, jika musim panen tiba, sekolah
menjadi sepi karena ditinggalkan oleh murid-muridnya. Pada saat seperti ini
anak-anak dilarang oleh orang tuanya untuk bersekolah karena waktu mereka akan
diisi dengan kegiatan memanen padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu
untuk belajar.
Kedua contoh di atas merupakan hambatan dalam adopsi inovasi
dalam bidang ....
A. mental block barries
B. culture block
C. sosial block
D. fisical block
A. salah, sebab mental block barries merupakan hambatan yang
lebih disebabkan oleh sikap mental
B. salah, sebab contoh di atas bukan merupakan bentuk dari
culture block
C. benar, sebab sosial block merupakan hambatan sebagai
akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
D. salah, sebab fisical block lebih cenderung kepada
hambatan yang diakibatkan oleh fisik yang kurang sempurna, walau demikian
ketidaksempurnaan fisik belum tentu menghambat adopsi inovasi
50.Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada
peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan
produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
A. peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B. pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
C. cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi
pendidikan
D. pendemokrasian pendidikan di Indonesia
A. benar, sebab dasar dari upaya pembaharuan pendidikan
tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B. salah, sebab dasar dilaksanakannya inovasi pendidikan
bukan untuk pembebasan biaya pendidikan khususnya pada pendidikan dasar
C. salah, sebab cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan
inovasi pendidikan bukan dasar dari pada inovasi pendidikan
D. salah, sebab sejak berkembanganya Islam di Indonesia,
demokrasi pendidikan sudah dilaksanakan
terimakasih soal dan pembahasannya ...
BalasHapus