Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Sabtu, 29 November 2014

LAPORAN REFLEKSI PKM - UT S1 PGSD

I.            PENDAHULUAN
1.      Latar belakang pembuatan laporan
Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru juga dianggap berkedudukan sebagai tenaga profesional dengan peran sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Guru memegang peranan yang sangat krusial dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya pengembangan guru sebagai tenaga tenaga profesi yang bermartabat dan professional. Guru merupakan titik sentral dari peningkatan  kualitas pendidikan yang pada praktiknya bertumpu pada kualitas proses belajar mengajar yang terjadi di sekolah.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan proses pembelajaran. Faktor ini dapat berasal dari guru, peserta didik, sarana-prasarana sekolah, maupun lingkungan dan masyarakat termasuk tentunya orang tua. Dalam hal ini guru mempunyai peran penting di dalam proses pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran tersebut menjadi efektif sehingga peserta didik mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya  secara optimal. Dalam sebuah proses pembelajaran, peserta didik bukanlah sebagai obyek melainkan sebagai subyek yang harus diperhatikan oleh guru. Peranan seorang guru untuk memotivasi peserta didik dan membangun kepercayaan diri sangat penting bagi keberhasilan proses pendidikan itu sendiri.

Seorang guru yang baik dituntut untuk memiliki kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik sebagai kompetensi dasarnya. Kompetensi yang wajib dimiliki oleh seoran guru sebagai agen pembelajaran adalah:
1.                             Kompetensi Pedagogik yang termasuk penguasaan bidang studi, baik yang berkenaan dengan keilmuan maupun metodologi keilmuan bidang studi yang diajarkan, pemahaman tentang peserta didik yaitu ilmu pedagogik, pengembangan silabus dan perancangan pembelajaran, hingga evaluasi hasil belajar;
2.                             Kompetensi Kepribadian yang antara lain merefleksikan seseorang yang berwibawa, dewasa, jujur, dan berakhlak mulia serta mampu mengevaluasi dirinya sendiri;
3.                             Kompetensi Sosial yang mencakup kemampuan berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat;
4.                             Kompetensi Profesional dalam pengetahuan materi pelajaran, konsep serta metode disiplin keilmuan untuk mata pelajaran yang diampu.

Mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SD sehingga guru SD pada khususnya dapat menjadi lebih profesional dan lebih mampu menunjukkan perannya sebagai agen pembelajaran. Mengingat mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dapat dilakukan secara professional mata kuliah ini diikuti agar mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajarnya sebagai guru.
Hal-hal di atas inilah yang melatarbelakangi dibuatnya laporan refleksi ini.  

2.      Tujuan pembuatan laporan
Untuk mencapai kompetensi yang dituntut dimiliki oleh seorang guru,  mahasiswa dilatih dan dibekali dengan kebiasaan dan kemampuan menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari merancang rencana pembelajaran, mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan merevisi/memperbaiki pembelajaran yang dirasa kurang cocok berdasarkan keilmuan bidang studi dan kependidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Laporan PKM ini dibuat dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa, dalam hal ini saya sendiri, agar lebih mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan disusunnya laporan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam:
1.      Mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik;
2.      Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat;
3.        Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu kepada rencana pembelajaran yang telah dibuat;
4.        Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar melalui refleksi;
5.        Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya;
6.        Mempertanggunjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacunya.
                     (TIM FKIP, 2009 : 1.4).

Laporan ini membantu saya, sebagai mahasiswa/guru SD, agar dapat lebih memahami, menguasai, dan mencapai kemampuan yang lebih baik lagi sehingga saya dapat menjalankan peran saya khususnya sebagai seorang guru SD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntutan yang diharapkan.

3.      Manfaat
Proses pembelajaran PKM ini telah banyak memberikan manfaat bagi guru, siswa dan lembaga.
   Manfaat bagi guru adalah :
1.   Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman.
2.   Memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
3.   Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
4.   Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
5.   Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Manfaat bagi siswa adalah :
1.   Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
2.   Dalam kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Manfaat bagi lembaga adalah :
1.   Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya tersebut, guru diharapkan dapat melakukan unjuk kerja pembelajaran pada jenjang pendidikan persekolahan yang sesuai dengan tugasnya.
2.   Apabila seorang guru yang professional, maka akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas sehingga akan mempengaruhi kualitas lembaga tersebut.
(TIM FKIP, 2009 : 1.5).
4.      Gambaran umum isi laporan
Pelaksanaan praktek PKM di semester 4 program S1 – PGSD terbagi dalam 2 bagian, yaitu:
a.      Pelaksanaan Praktek Mengajar dengan RPP, APKG1 dan APKG2 dan Refleksi berjumlah 10. Untuk memperinci seluruh kegiatan pembelajaran selama pelaksanaan praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar itu, berikut adalah jadwal pelaksanaanya:
Tabel Pelaksanaan Praktek PKM
di Sekolah Bodhi Dharma

No
Mata Pelajaran
Kelas/
Semester
Tanggal Pelaksanaan
1
IPA
V / 1
14 Oktober 2011
2
BAHASA INDONESIA
IV / 1
17 Oktober 2011
3
PKn
V / 1
18 Oktober 2011
4
IPS
IV / 1
20 Oktober 2011
5
IPA
IV / 1
21 Oktober 2011
6
BAHASA INDONESIA
VI / 1
25 Oktober 2011
7
MATEMATIKA
VI / 1
31 Oktober 2011
8
IPS
V / 1
03 November 2011
9
MATEMATIKA
V / 1
04 November 2011
10
BAHASA INDONESIA
V / 1
07 November 2011

b.      Pelaksanaan Latihan Praktek Mengajar dengan supervisor 2 yang dimasukkan sebagai bagian dari nilai mata kuliah PKM sebesar 20% dengan RPP, APKG1 dan APKG2 dan Refleksi berjumlah 2. Dengan jadwal sebagai berikut:
Tabel Pelaksanaan latihan Praktek PKM
di Sekolah Bodhi Dharma

No
Mata Pelajaran
Kelas/
Semester
Tanggal Pelaksanaan
1
PKn
VI / 1
08 November 2011
2
matematika
IV / 1
09 November 2011


Pelaksanaan pembelajaran pun dikondisikan dengan kesediaan waktu Supervisor 2 dalam mengatur jadwal kegiatan.
Laporan refleksi ini secara umum menggambarkan tolok ukur pribadi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri pada setiap kegiatan mengajar berlangsung, sejak merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran.

II.      TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan 1 (Ilmu Pengetahuan Alam / I P A )
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kurangnya jumlah media yang digunakan untuk praktek sehingga siswa harus bergantian mencoba.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:
Sarana media yang kurang jumlahnya memadai.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pemilihan metode ajar yang sesuai dengan minat siswa.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:
Mengenal kebutuhan belajar siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya.
e.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Siswa sangat antusias melakukan percobaan/praktek dan merasa bangga atas hasil yang dicapainya.
f.        Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 1, rencana saya berikutnya adalah:
Untuk terus mempertahankan kekuatan yang telah dimiliki dan mencoba lebih banyak lagi memberikan kesempatan kepada siswa untuk praktek langsung khususnya dalam mata pelajaran IPA.
2.      Pertemuan 2 (Bahasa Indonesia)
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Materi yang agak terlalu mudah untuk siswa sehingga siswa cepat selesai.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:
Tidak mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum menyiapkan materi ajar.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Menggunakan metode kerja kelompok sehingga siswa yang lebih pandai dapat menjadi tutor sebaya bagi kawan-kawannya.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengetahuan tentang metode belajar yang bervariasi yang saya dapatkan melalui berbagai pelatihan pengembangan diri.
e.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dan masing-masing siswa ingin mendapat penghargaan atas hasil kerjanya.
f.        Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 2, rencana saya berikutnya adalah:
Lebih teliti dalam mempersiapkan materi terutama mencaritahu terlebih dahulu tingkat kemampuan siswa yang akan diajar sehingga materi yang disampaikan benar-benar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
3.      Pertemuan 3 (Pendidikan Kewarganegaraan / P K n)
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pembagian kesempatan menjawab yang kurang merata pada seluruh siswa.






b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:
Siswa yang menunjuk tangan terbatas (hanya yang itu-itu saja).
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pemilihan metode ajar yang menarik minat siswa yaitu dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:
Ide dari salah satu pelatihan yang pernah saya ikuti.
e.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Siswa tampak sedikit terkejut saat memulai pelajaran dengan bernyanyi (padahal pelajarannya adalah PKn) tetapi setelah itu mereka lebih menikmati proses pembelajaran yang tidak monoton/hanya ceramah saja.
f.        Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 3, rencana saya berikutnya adalah:
Terus menggali informasi terutama lewat media cetak (buku-buku atau internet) tentang metode-metode ajar yang terbaru dan lebih efisien dan efektif.


4.      Pertemuan 4 (Ilmu Pengetahuan Sosial / I P S )
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penggunaan media yang masih kurang.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kekurangan media ajar pelajaran IPS di sekolah.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pemilihan metode ajar yang menarik minat siswa yaitu dengan menyanyikan lagu Lancang Kuning dan menggunakan media gambar berbagai suku di Indonesia.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:
Persiapan pencarian media dari berbagai sumber terutama internet.
e.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Siswa tampak antusias melihat-lihat gambar dan berebut untuk mengamati media gambar yang disediakan.
f.        Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 4, rencana saya berikutnya adalah:
Mengumpulkan data dan koleksi gambar tentang berbagai suku di Indonesia jika perlu souvenir khas daerah tertentu agar pembelajaran bisa lebih menarik.
5.      Pertemuan 5 (Ilmu Pengetahuan Sosial / I P A )
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Siswa menyatakan kekecewaan terhadap durasi video/film yang diputar (terlalu singkat).

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:
Durasi video/film yang diputar terlalu singkat.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penggunaan media video untuk menunjukkan cara merawat hewan yang baik.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:
Tersedianya sarana internet dan di sekolah sehingga saya dapat men-download media yang dibutuhkan.
e.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

Terdapat siswa yang tidak menyukai hewan tertentu bahkan ketakutan/jijik ketika melihat gambarnya walaupun gambar yang ditampilkan lucu-lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar