Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Tema :
KEGEMARAN
Kelas/semester :
2 / II
Alokasi Waktu :
5 jam pelajaran x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Matematika
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
Bahasa Indonesia
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
karangan sederhana
B. KOMPETENSI DASAR
IPS
|
:
|
Memahami kegiatan jual beli
di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
Matematika
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai
bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
1.
Mendengarkan: Memberikan tanggapan sederhana
tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
2.
Berbicara:
Menceritakan peristiwa yang
pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks
agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
3.
Membaca:
Membaca cerita dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat.
4.
Menulis:
Menulis karangan sederhana
berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat
dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
|
|
C. INDIKATOR
IPS
|
:
|
§ Menyebutkan pengertian
pembeli
§ Menyebutkan hal-hal yang
harus diperhatikan dalam membeli satu barang
§ Menyebutkan nama-nama pasar
yang ada di lingkungan rumah masing-masing
|
Matematika
|
:
|
§ Membangun bangun datar
sesuai dengan sifat- sifatnya
§ Menghitung keliling bangun datar
berbentuk persegi dan persegi panjang dengan menjumlahkan semua sisinya
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
§ Memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh
§ Menanggapi pengalaman teman
§ Melakukan percakapan dengan
teman dari teks drama yang dibacakan guru
§ Menceritakan kembali peristiwa
kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§ Membacakan cerita dengan
isi teks agak panjang
§ Menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang cerita yang dibacanya
§ Mengamati dan mengurutkan
gambar
§ Menggunakan tanda hubung
(-) untuk menulis kata ulang
§ Membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
§ Menulis tegak bersambung
§ Membuat karangan sederhana
§ Menggunakan tanda koma (,)
untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
|
,
|
peserta didik mampu :
§ menyebutkan pengertian
pembeli
§ menyebutkan hal-hal yang
harus diperhatikan dalam membeli suatu barang
§ menyebutkan nama-nama pasar
yang ada di lingkungan rumah masing-masing
|
Matematika
|
,
|
peserta didik mampu :
§ membangun bangun datar
sesuai dengan sifat- sifatnya
§ menghitung keliling datar
dengan menjumlahkan semua sisinya
§ menghitung keliling bangun
persegi
§ menghitung keliling bangun
persegi panjang
|
Bahasa Indonesia
|
,
|
peserta didik mampu :
§ memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh
§ menanggapi pengalaman teman
§ melakukan percakapan dengan
teman dari teks drama yang dibacakan guru
§ menceritakan kembali
peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§ membacakan cerita dengan
isi teks agak panjang
§ menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang cerita yang dibacanya
§ menggunakan tanda hubung
(-) untuk menulis kata ulang
§ membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
§ menulis tegak bersambung
§ membuat karangan sederhana
§ menggunakan tanda koma (,)
untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN (5 x 35 menit) Waktu (menit)
A.
|
Kegiatan Awal
Ä
Memeriksa kesiapan kelas (kerapihan, kebersihan, kelengkapan atribut dan alat tulis)
Ä
Berdoa (jika pelajaran pertama)
Ä
Memberi salam
Ä
Mengabsen peserta didik
Ä
|
Memotivasi siswa untuk
mengeluarkan pendapat
Ä
|
Mengajukan beberapa pertanyaan
tentang materi sebelumnya
Ä
Bercerita atau mengajukan pertanyaan yang mengacu
pada materi yang akan disampaikan. Guru bertanya kepada peserta didik
tentang kegemaran mereka dan alasannya.
Ä
Menginformasikan materi yang akan diajarkan
|
B. Kegiatan
Inti
·
Guru menunjukkan serangkaian gambar tentang
seorang anak laki-laki yang sedang bermain bola kaki bersama teman-temannya.
·
|
Guru
bercerita tentang anak laki-laki dalam gambar tersebut sesuai dengan gambar
berseri. (ringkasan cerita lihat lampiran)
·
|
Selama
bercerita guru berusaha memotivasi keterlibatan peserta didik untuk menebak
jalan ceritanya berdasarkan gambar dan memancing dengan pertanyaan-pertanyaan
seperti: Apa menurut kalian yang akan dilakukan oleh si Badu? Apakah itu
perbuatan yang baik? Kira-kira apa yang terjadi kemudian? dll
·
|
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang hal-hal yang berhubungan dengan cerita
yang baru saja didengar: Kemana Badu pergi? Untuk apa? Mengapa Badu terkejut ketika
tiba di warung bu Minah? Dll
·
|
Peserta
didik menanggapi cerita dan memberikan tanggapan terhadap watak tokoh dalam
cerita tersebut. (misalnya Badu: mudah terpengaruh tetapi jujur dan
bertanggungjawab; Ibu: penyabar dan bijaksana; bu Minah: baik hati)
·
|
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang berapa uang yang harus ditabung oleh Badu
setiap hari selama lima hari untuk mengganti uang yang hilang (sambil
menunjukkan contoh uang kartal dan uang giral) dan contoh pengelolaan uang
lainnya.
·
Peserta didik diberi tugas untuk mencatat harga
barang yang ada di koperasi sekolah secara berkelompok
|
(Jeda
waktu istirahat)
·
Guru memberikan penjelasan singkat kepada peserta
didik tentang pengertian penjual dan pembeli
·
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang
hak dan kewajiban penjual dan pembeli
·
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru dan mencatat rangkuman tentang penjual dan pembeli
·
Peserta didik diminta menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membeli suatu barang
·
|
Peserta
didik diminta menyebutkan tempat-tempat
lain untuk melakukan jual-beli dan juga nama-nama pasar yang ada di lingkungan
rumah masing-masing
·
Guru menunjukkan beberapa gambar tentang
kegemaran kepada peserta didik (misalnya: bermain layang-layang, berenang,
mengumpulkan perangko, membaca buku, dll) dan peserta didik menanggapi dengan
menyebutkan aktifitas
|
kegemaran
lain yang mereka ketahui
·
|
Peserta
didik membentuk kelompok tiga-tiga dan saling menceritakan pengalaman tentang
kegemaran mereka
·
Satu perwakilan dari setiap kelompok menceritakan
pengalaman tentang kegemaran mereka di depan kelas
·
Peserta didik lain menanggapi pengalaman temannya
·
|
|
Guru
menunjukkan gambar sebuah lapangan sepak bola (tampak atas) dibandingkan dengan
bangun datar persegi panjang. Selembar kertas origami dibandingan bangun datar
persegi, dll.
·
|
Guru
menunjukkan sebuah papan paku untuk membuat bentuk bangun datar. Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara memakai papan paku tersebut dan peserta
didik mencobanya secara bergiliran.
·
|
Guru mencontohkan membangun bangun datar persegi
dan persegi panjang sesuai dengan sifat-sifatnya.
·
Peserta didik menjiplak
titik-titik pada kertas berpetak
|
dan menggabungkan
titik-titik tersebut membentuk bangun datar
·
|
Guru menjelaskan cara menghitung keliling bangun
datar dan peserta didik mencoba menghitung keliling bangun datar yang dibuatnya
·
Guru menjelaskan satuan
cm pada sisi bangun datar dan peserta didik menghitung keliling bangun datar
dengan satuan cm
|
C. Kegiatan Akhir
1.
Guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai penguatan
sejauh mana materi dapat diserap dan dikuasai oleh peserta didik (post test)
2.
Guru menanggapi hasil pekerjaan siswa secara : tertulis,
lisan, perbuatan dan memberikan penilaian
3.
Guru memberikan tugas berupa portofolio, lembar
pengamatan, dan observasi
4.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi yang diajarkan
III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
ü Buku Paket Tematik
ü Media cetak (gambar)
ü Media elektronik (video,
LCD proyektor)
ü Lingkungan sekitar
ü Kreatifitas guru
B. Alat Peraga:
& Gambar-gambar tentang
kegemaran
& Gambar-gambar bangun
datar
& Album perangko
& Kertas origami
& Papan berpaku
& Uang kartal dan uang
giral
& Tabel perbelanjaan
& Video (kegiatan jual beli
di warung)
IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab
dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V. MATERI POKOK
1. IPS
²
Jual beli
²
Uang
²
Pengelolaan uang
2. Matematika
²
Bangun datar
²
Persegi dan persegi panjang
²
Keliling persegi dan persegi panjang
3. Bahasa Indonesia
²
Menanggapi cerita
²
Menirukan dialog
²
Menceritakan peristiwa
²
Percakapan
²
Menjawab pertanyaan
²
Menulis karangan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Demonstrasi (bercerita)
2. Ceramah klasikal
3. Diskusi kelas
4. Diskusi kelompok
5. Tanya Jawab
6. Pemberian Tugas
Mengetahui Batam,
Mei 2011
Ka. SD Bodhi Dharma Guru
Kelas
Sastrawadi, S.Ag. Yenny
Lies
Lampiran (1) Ringkasan Cerita: “Si
Badu”
Badu adalah seorang anak laki-laki berumur 9 tahun.
Kegemarannya adalah bermain bola kaki. Dia sering bermain bola kaki bersama
teman-temannya di lapangan rumput dekat rumahnya. Sebenarnya, Badu adalah anak
yang penurut dan patuh pada orangtuanya. Suatu hari, Badu dipanggil oleh
ibunya,”Badu, bantu Ibu dulu, Nak.”
Badu menjawab, “Ya, Bu. Ada apa?”
“Tolong belikan Ibu sebotol kecap di warung Bu
Minah. Ini uangnya,” kata Ibu.
“Baik, Bu. Badu pergi dulu ya, Bu.”
Lalu Badu langsung pergi ke warung bu Minah untuk
membeli kecap pesanan ibunya sambil bernyanyi-nyanyi kecil. Ketika melewati
lapangan dekat rumahnya Badu melihat teman-temannya sedang asyik bermain bola
dan berteriak-teriak, “Gol…gol…”. Kata Badu dalam hati, “Ah, enak sekali kalau
aku bisa bermain bola dengan mereka.” Kakinya melangkah perlahan sambil matanya
terus menatapi teman-temannya di lapangan.
“Hei, Badu. Mau kemana kamu?,” salah seorang
temannya memanggil.
“Aku mau ke warung Bu Minah. Beli kecap,” ujar Badu.
“Kemarilah dulu! Kami kurang pemain nih, si Rusman
kelelahan!,” teriak teman yang satunya lagi.
“Bolehlah kalau sebentar saja,”piker Badu. Kemudian
dia berlari menghampiri teman-temannya di lapangan. Segera saja dia asyik
mengejar-ngejar bola dan lupa waktu dan tugas dari ibunya. Setengah jam
kemudian, barulah dia tersadar. “Waduh, sudah lama rupanya aku bermain. Aku
harus pergi sekarang,” kata Badu kepada temannya.
Langsung Badu berlari kencang ke arah warung bu
Minah. Sesampainya di sana, dengan terengah-engah dia berkata, “Haaah
haaahh..beli haah ke..cap… haah haah…
satu botol…” sambil merogoh-rogoh kantung celananya. Tiba-tiba Badu tersentak.
Wah, gawat, di mana uangnya? Dia terus berusaha mencari uangnya di dalam
kantong dan di lantai sekitar warung. Tetapi uang itu tidak juga ditemukannya.
“Ini kecapnya, Nak Badu. Sepuluh ribu rupiah
sebotol,” kata Bu Minah.
“Aduh…Bu…maaf…u…uangnya hiii…lang…..,” Badu tergagap
hampir menangis.
“Apa sudah kamu cari dengan teliti? Tadi kamu mampir
ke mana, Badu?” tanya Bu Minah.
“Tadi aku main bola dengan teman,” Badu tertunduk
lesu.
“Mungkin terjatuh di lapangan atau di jalan,” kata
Bu Minah lagi, “Bawa saja dulu kecap ini. Ibumu pasti sudah menunggumu di
rumah. Bayarnya nanti saja.”
Untung Bu Minah baik hati. Sebenarnya, mana bisa
membeli barang tanpa membayar! Badu berterima kasih pada Bu Minah dan segera
pulang ke rumah.
Setiba di rumah, Ibu sudah menunggu Badu dengan
wajah cemas. Badu segera minta maaf dan menceritakan apa yang telah terjadi.
Ibu memaafkan Badu dan Badu pun bersedia bertanggungjawab atas kecerobohannya
menghilangkan uang Ibu dengan cara menabung uang jajannya selama lima hari
untuk membayar sebotol kecap yang dibelinya tadi dari bu Minah.
Lampiran (2) - Soal
/ Pertanyaan
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan
menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Contoh pertanyaan:
Ü
Siapa yang tahu ini apa namanya? Apa gunanya? (IPS : guru menunjukkan uang kertas, gambar selembar cek,
dll, sebagai alat pembayaran yang sah)
Ü
Kalau benda ini bentuknya seperti apa? (Matematika: membandingkan kertas origami dengan bangun datar
persegi, dll)
Ü
Berapa keliling permukaan meja belajar berbentuk persegi panjang yang panjangnya
60 cm dan lebarnya 40 cm? (Matematika: keliling persegi
panjang = panjang + lebar + panjang + lebar = 60 cm + 40cm + 60 cm + 40cm = 200 cm)
Ü
Mengapa Badu meminta maaf kepada Bu Minah? (Bahasa Indonesia: guru bertanya setelah selesai bercerita.
Jawab: karena uang yang diberi ibunya hilang sehingga dia tidak dapat membayar
kecap yang dibelinya.)
Tertulis :
1. Isian
1. Matematika
Sebuah persegi memiliki empat sisi yang sama panjang.
2. IPS
Uang kertas dan logam
yang biasa kita gunakan sehari-hari disebut juga uang kartal.
3. Bahasa Indonesia
Seseorang yang kegemarannya
mengumpulkan perangko disebut filatelis
2.
Pilihan Ganda
1. Matematika
1. Bangun datar pada gambar
di bawah ini disebut ...........
a. Persegi c.
Persegi panjang
b. Persegi tidak beraturan d. Persegi pendek
Kunci: C
2. Benda berikut yang
berbentuk persegi adalah.....
a. Kertas origami c. Uang kertas
b. Kertas buku d. Kartu nama
Kunci: A
2. IPS
1. Seseorang yang melakukan pembayaran
atas suatu barang yang dijual di suatu tempat disebut......
a. Penjual b. Pedagang c. Pemasok d. Pembeli
Kunci: D
2. Dalam menggunakan uang,
kita harus bersikap .........
a. Hemat b. Boros c. Masa bodo d.
Pelit
Kunci: A
3. Bahasa Indonesia
1. Kegemaran anak laki-laki dalam gambar
disamping adalah ...........
a. Bermain bola kaki
b. Bermain layang-layang
c. Menjahit pakaian
d. Mengoleksi perangko
Kunci: D
2. Badu :
Maaf, Bu. Uangnya hilang. Tadi Badu main dulu bersama teman-teman. Mungkin uangnya terjatuh.
Ibu :
Sudahlah, tidak apa-apa. Yang penting kamu jujur pada Ibu. Lain kali kamu harus berhati-hati, ya.
Badu :
Baik, Bu.
Watak ibu
pada percakapan di atas adalah........
a. Pemarah c.
Pendendam
b. Penyabar d. Pendiam
Kunci:
B
3. Uraian
1. Matematika
Hitunglah keliling permukaan
sebuah meja makan berbentuk persegi panjang yang panjangnya 120 cm dan lebarnya
70 cm!
Jawab:
Keliling
persegi panjang = panjang + lebar + panjang + lebar
=
120 cm + 70 cm + 120 cm + 70 cm
=
380 cm
Jadi keliling
meja makan itu adalah 380 cm.
2. IPS
1.
Ani diberi uang saku Rp.8.000,- oleh ibunya. Setiap
hari Ani menggunakan uang itu untuk membeli bekal makan siangnya sebesar
Rp.6.000,-. Minggu depan kakaknya berulang tahun dan Ani ingin membelikannya
sebuah pita cantik seharga Rp.10.000,-. Apa yang harus dilakukan oleh Ani?
Jawab:
Ani dapat
menabung sisa uang sakunya setiap hari yaitu Rp.8.000,- - Rp.6.000,- =
Rp.2.000,-.
Jadi, tabungannya
selama 5 hari adalah 5 x Rp.2.000,- = Rp.10.000,- cukup untuk membeli hadiah
untuk kakaknya.
2.
Berapa nilai uang ditunjukkan dalam gambar ini?
Jawab:
Rp.10.000,- + Rp.5.000,- + Rp.500,- = Rp.15.500,-
3. Bahasa Indonesia
1.
Apa kegemaran si Badu? Jawab:
Bermain bola kaki
2.
Apa yang harus dibeli Badu di
warung bu Minah? Jawab: Sebotol kecap
3.
Apa pendapatmu tentang karakter
si Badu dalam cerita tadi? Jawab: Badu mudah terpengaruh
temannya tetapi jujur dan bertanggungjawab
4. Tes perbuatan
IPS: Guru meletakkan sejumlah
’uang’ di atas meja dan memberi instruksi kepada peserta didik: Ambillah uang
senilai Rp.17.500,- ! (1 lembar Rp.10.000,-, satu
lembar Rp.2.000,- atau 2 lembar Rp.1.000,- dan sebuah uang logam/kertas Rp.500,-
atau uang logam nominal lain senilai
Rp.500,-)
Matematika: Lengkapi daftar belanja.
Catatlah harga barang-barang yang dijual di koperasi sekolah.
Bahasa Indonesia: buatlah kelompok
beranggotakan tiga atau empat orang (sesuai jumlah peserta didik dalam kelas).
Ceritakan tentang kegemaran kalian kepada anggota kelompok yang lain.
Lampiran (3) - Contoh
alat peraga
a) Gambar – gambar kegemaran
b) Bangun datar dan benda yang menyerupainya
c) Foto papan berpaku
d) Foto contoh uang kartal dan uang giral
e) Tabel belanja
f) Contoh gambar tentang kegiatan jual beli di sebuah pasar tradisional
b) Bangun datar dan benda yang menyerupainya
d) Foto contoh uang kartal dan uang giral
f) Contoh gambar tentang kegiatan jual beli di sebuah pasar tradisional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar