Langkah – langkah
pegembangan kurikulum itu terdiri dari atas diagnosis kebutuhan ,perumusan
tujuan,pemilihan dan perorganisasian materi ,pemilihan dan pengorganisasian
pengalaman belajar dan pengembangan alat evaluasi.
A.Analisis dan Diagnosis Kebutuhan
Langkah pertama dalam
pengembangan kurikulum adalah menganalisis dan menndiagnosis kebutuhan.analisi
kebutuhan dapat dilakukan dengan mempelajari tiga hal, yaitu kebutuhan siswa,
tuntutan masyarakat /dunia kerja, dan harapan – harapan dari pemerintah (
kebijakan pendididikan).pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisis
kebutuhan ada tiga, yaitu survei kebutuhan ,studi kompetensi , dan analisis
tugas.hasil akhir kegiatan analisis dan
diagnosis kebutuhan ini adalah deskripsi kebutuhan sebagai bahan yang akan
dijadikan masukan bagi langkah selanjutnya dalam pengembangan kurikulum yaitu
perumusan masalah.
B. Perumusan Masalah
Tujuan tujuan dalam
kurikulum berhierarki ,mulai dari tujuan yang paling umum sampai pada tujuan tujuan
yang lebih khusus dan operasional.hierarki tujuan tersebut meliputi :tujuan pendididkan
nasional .tujuan insitusional,tujuan kurikuler,serta tujuan
instruksional.disampin bersifat hierarki komponen tujuan juga dapat dibagi
dalam beberapa taksonomi tujuan.benyamin s bloom dalam taxonomy of educational
objective membagi tujuan ini menjadi tiga ranah/domain ,yaitu
kognitif,afektif,dan psikomotor.Domain kogniitifberkenaan dengan pengusaaan
kempampuan kemampuan intelektual atau berpikir ,domain afektif berkenaan dengan
penguasaan dan pengembangan perasaaan,minat ,sikap dan nilai-nilai,sedangkan
domain psikomotor berkenaan dengan penguasaaan dan pengembangan ketrampilan
motorik.
C.Pemilihan dan pengorganisasian materi
Materi kurikulum disusun
berdasarkan prosedur prosedur tertentu yang merupakan salah satu bagian dalam
pengembangan kurikulum secara kseluruhan.Dalam handbook for evaluating and
selecting curiculum materials.M.D Gall (1981)mengemukakan sembilan tahap dalam
pengembangan bahan kurikulum ,yaitu indentifikasi kebutuhan,merumuskan misi
kurikulum .menentukan anggaran biaya ,membentuk tim,mendapat susunan
bahan,menganalisis bahan,,menilai bahan,membuat keputusan adopsi,menyebarkan
,mempergunakan ,dan memonitor penggunaan bahan.
Materi kurikulum adalah
segala sesuatu yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar.isi
dari kegiatan pembelajaran tersebut adalah isi dari kurikulum.dalam penyusunan
bahan pelajaran ini dikenal ada istilah scope dan squence.Scope atau ruang
lingkup menyangkut keluasan dan kedalamn materi kurikulum.Squance menyangkut
urutan susunan bahan kurikulum .squance dapaty disusun dengan mempertimbangkan
tiga hal,yaitu struktur disiplin ilmu,taraf perkembangan siswa,dan pembagian
materi kurikulum berdasarkan tingkatan kelas .
D.Pemilihan dan Pengorganisasian
Pengalaman belajar
Cara pemilihan dan
pengorganisasian pengalaman belajar dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai
pendekatan ,strategi .metode serta teknik yang disesuaikan dengan tujuan dan
sifat materi yang akan diberikan .pengalama belajar siswa bisa bersumber dari pengalaman
penciuman ,atau pengalaman suara ,pengalaman perabaaan ,dan penciuman .semua
pengalaman belajar tersebut dapat diorganisasikan sedemikian rupa dengan sumber
,fasilitas, dan masyarakat.
E.
Pengembangan Alat Evaluasi
Pengembangan alat evaluasi
dimaksudkan untuk menelaah kembali apakah kegiatan yang telah dilakukan itu
sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan Mc Neil ( 1977) mengungkapkan ada
dua hal yang perlu mendapatkan jawaban dari penilaian kurikulum ,yaitu
a.Apakah keguatan kegiatan yang dikembangkan dan diorganisasikan itu
memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan yang dicita itakan
b. Apakah kurikulum yang telah dikembangkan itu dapat diperbaiki dan
bagaimana cara memperbaikinya.
Penilaian pada dasaranya merupakan suatu proses pembuatan
pertimbangan terhadap suatu hal.Scriven dalam Nurgiyantoro mengemukakan bahwa
penilaian itu terdiri atas tiga komponen yaitu pengumpulan informasi,pembuatan
pertimbangan,dan pembuatan keputusan.evaluasi kurikulum dapat dilakukan
terhadap komponen komponen kurikulum itu
sendiri ,evaluasi terhadap inplementasi kurikulum, dan evaluasi terhadap hasil
yang dicap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar