Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Kamis, 02 Juli 2015

RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN (PTK)

RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
SIKLUS I Perencanaan Tindakan Ü Penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing
Ü Merancang Instrumen Pembelajaran dan Instrumen Monitoring
Ü Merancang skenario pelaksanaan tindakan yang akan dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan melaksanakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada materi: Luas Bangun Datar persegi, persegi panjang, segitiga, dan trapesium.
Pra-Pelaksanaan Tindakan Wawancara dengan peserta didik untuk mendapatkan persepsi peserta didik tentang proses pembelajaran yang telah lalu serta untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik atas materi yang akan dijadikan subjek penelitian.
Pelaksanaan Tindakan Melaksanakan tindakan pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan:
Pemberian informasi kepada peserta didik tentang pembelajaran penemuan terbimbing.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RP yang telah disiapkan.
Pengamatan Pengamatan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan instrumen yang telah dibuat. Fokus pengamatan adalah pada proses pembelajaran penemuan terbimbing, proses pemahaman peserta didik dan juga pengamatan terhadap motivasi peserta didik.
Refleksi Hasil monitoring kemudian dianalisis agar dapat memperoleh deskripsi dari pengaruh kegiatan/tindakan pada pelaksanaan pembelajaran yang baru saja dilakukan sehingga teridentifikasi hal-hal yang perlu diadakan perbaikan dan menjadi perhatian dalam tindakan berikutnya.
SIKLUS II Perencanaan Tindakan Hasil refleksi siklus I digunakan sebagai masukan bagi perencanaan pada rencana tindakan siklus II
Pelaksanaan Tindakan, refleksi, dan seterusnya hingga dicapai hasil yang diharapkan.  
PEMBUATAN LAPORAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar