Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Selasa, 17 September 2013

RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP Model 221

RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran/Topik :  1. Bahasa Indonesia  / Peristiwa di Sekitarku
   2. PKn / Organisasi
Kelas/Semester           :  4/2
   5/2
Waktu                           : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia kelas 4
7. Memahami teks melalui membaca intensif.
PKn kelas 5
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
II. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia kelas 4
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
PKn kelas 5
3.2  Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
III. Indikator
Bahasa Indonesia kelas 4
²  Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
²  menuliskan kalimat utama tiap paragraf
PKn kelas 5
² Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di lingkungan sekolah, serta menjelaskan fungsi dan tujuan organisasi-organisasi tersebut. 
IV. Pokok Materi
Bahasa Indonesia kelas 4
Peristiwa di Sekitarku
PKn kelas 5
Berbagai macam organisasi di lingkungan sekolah
V. Media dan Sumber Belajar
Bahasa Indonesia kelas 4
Media                 : - Gambar – gambar yang sesuai dengan materi yang dipelajari
Isolasi ukuran besar (untuk menempelkan gambar)
- Spidol/boardmarker”
- Papan tulis
Sumber belajar : Buku Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk SD kelas IV hal 60 – 61 karangan Edi Warsidi dan Farika
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

PKn kelas 5
Media                  : - Gambar – gambar yang sesuai dengan materi yang dipelajari
Isolasi ukuran besar (untuk menempelkan gambar)
- Spidol/boardmarker
- Papan tulis
Sumber belajar    : Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas V               
                                hal 75 79 karangan Ikhwan Sapto Darmono dan Sudarsih
   Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
VI. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
- Ceramah
VII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Siswa dan Guru
Waktu
(menit)
Kelas IV
Kelas V
Pendahuluan
- Mengucapkan salam
Doa awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mengucapkan salam
Doa awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
5 menit
Kegiatan Inti I
- Guru menjelaskan materi dengan menggunakan alat peraga.
- Diberi tugas kelompok untuk mendiskusikan materi.
15 menit
Kegiatan Inti II
- Diberi tugas kelompok untuk mendiskusikan materi.
- Guru menjelaskan materi dengan menggunakan alat peraga dan membahas hasil diskusi.
15 menit
Kegiatan Inti III
- Membahas hasil diskusi dan melakukan tanya jawab yang telah disampaikan.
- Diberi penugasan mencatat hasil diskusi.
15 menit
Kegiatan Inti V
- Diberi penugasan mencatat hasil diskusi.
- Melakukan tanya jawab.
15 menit
Penutup
- Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes.
- Memberikan pencatatan rangkuman materi.
- Memberikan pencatatan rangkuman materi.
- Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes.
5 menit




VIII. Evaluasi
Soal tes formatif Bahasa Indonesia kelas 4
1.     Menurutmu, apa topik atau tema cerita pengalaman tersebut?
2.     Apakah pesan penulis dalam bacaan itu?
3.     Catatlah di buku tulismu kalimat utama dari paragraf 2, 3, dan 5!
Kunci jawaban
1.      Temanya adalah kesadaran seorang anak egois/hanya mementingkan dirinya sendiri.
2.      Janganlah menjadi anak yang egois. Hargailah kesulitan orangtua yang mencari nafkah untuk keluarganya.
3.      Kalimat utama paragraf 1 : Aku selalu memaksa Ibu untuk memenuhi segala permintaanku.
Kalimat utama paragraf 2: Aku kesal, jengkel, dan bosan dengan jawaban Ibu yang itu-itu terus.
Kalimat utama paragraf 5: Aku kasihan melihat Ibu menangis.
Catatan: Variasi jawaban peserta didik dapat diterima selama sesuai dengan jawaban yang diminta.

Skor Penilaian
No.
Skor
1.
30
2.
30
3.
40
Jumlah
100



Soal Formatif PKn kelas 5
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?
2. Sebutkan organisasi-organisasi yang ada di lingkungan sekolahmu!
3. Jelaskan fungsi dari organisasi-organisasi di bawah ini:
      a. UKS
b. PMR
Kunci jawaban
1.     Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
2.      Koperasi Sekolah, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Gugus Depan Pramuka, Klub olahraga, PMR,Komite Sekolah, OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), atau jawaban lain yang relevan.
3.      UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah didirikan untuk menangani masalah kesehatan. Kegiatan UKS misalnya memberikan PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) jika ada siswa yang sakit ataupun terluka saat berkegiatan di sekolah.
PMR yang merupakan singkatan dari Palang Merah Remaja dibentuk untuk memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan maupun bencana. PMR bergerak dalam bidang kemanusiaan. Anggota PMR terdiri dari para remaja usia sekolah.

Skor Penilaian
No.
Skor
1.
20
2.
40
3.
40
Jumlah
100


2 komentar:

  1. bagus sekali blognya terima kasih bisa membantu dalam merancang pembelajaran kelas rangkap di daerah terpencil yang memakai 221

    BalasHapus