Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Minggu, 17 Mei 2015

Multiple Intelligence/Kecerdasan Majemuk - Howard Gardner

Howard Gardner 
Adalah seorang Guru Besar yang menggagas tentang teori Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk). Teori tersebut mencoba memperbaiki pandangan umum di dunia psikologi dan dunia pendidikan yang mengatakan bahwa semua anak adalah sama, sehingga semua anak harus dididik dengan cara yang sama, mata pelajaran yang sama dan harus memiliki cita-cita yang sama. Semua serba seragam itulah nuansa pembelajaran Mono Intelligence. Sebaliknya Howard Gardner melihat bahwa setiap anak adalah unik, karena uniknya itulah maka setiap anak (setiap orang) itu berbeda, karena berbeda itulah maka sebaiknya pendidikan dan pelatihan yang (efektif) diberikan pun harus berbeda-beda pula. Dengan demikian bidang keahlian dan bidang ketrampilannya pun berbeda-beda dan itu adalah fakta. Howard Gardner berpendapat bahwa setiap anak adalah cerdas pada bidangnya masing-masing, dan tidak ada anak yang cerdas pada semua bidang.




Ada delapan kecerdasan yang dimaksudkan oleh Howard Gardner :

  •     Kecerdasan Bahasa (word smart)
  •     Kecerdasan Logika matematika (logic smart)
  •     Kecerdasan Intrapersonal (self smart)
  •     Kecerdasan Interpersonal (people smart)
  •     Kecerdasan Visual spasial (picture smart)
  •     Kecerdasan Gerak badan (body smart)
  •     Kecerdasan Musik (music smart)
  •     Kecerdasan Naturalis (nature smart)

Semua orang memiliki kedelapan kecerdasan tersebut, hanya yang menonjolah yang berbeda-beda, itulah mengapa tidak semua orang suka matematika, tidak semua orang pandai matematika. Tidak semua orang suka dan bisa bermain musik, dst. Tetapi dalam waktu yang bersamaan tidak suka dibidang tertentu pasti suka pada bidang lainnya.

Intinya adalah setiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing. Beberapa orang memiliki beberapa jenis kecerdasan yang menonjol sekaligus sementara yang lainnya mungkin kesulitan untuk menemukan bahkan satu diantaranya. Kesabaran dan kesadaran adalah kunci untuk menemukan keistimewaan yang sejatinya telah ada dan sedang bersembunyi dalam diri masing-masing individu.

Seperti diucapkan oleh Howard Gardner:
"Kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau untuk menciptakan sesuatu, yang dihargai dalam satu atau lebih lingkungan budaya."
Howard Gardner adalah tokoh pendidikan dan psikologi terkenal yang mencetuskan teori tentang kecerdasan majemuk atau multiple intelligences. Ia berkebangsaan Amerika yang lahir dengan nama lengkap Howard Earl Gardner pada tanggal 11 Juli 1943 di Scranton, Pennsilvania. Ia adalah co-director pada project Zero, sebuah kelompok penelitian (riset) di Havard School Graduate School of Education.

Sumber: http://esqsmartplus.com/konsep-multiple-intelligence/
         http://id.wikipedia.org/wiki/Howard_Gardner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar