Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Selasa, 02 Juni 2015

Lima Cara Mendidik Anak Yang Kurang Tepat

You're the apple of my eye!

Anak adalah permata hati orang tua. Menjadi orang tua memang tidak mudah, butuh kesabaran dalam membesarkan  dan mendidik anak.Terkadang tanpa disadari sikap dan cara mendidik anak justru membuat mereka stres. Kadangkala terlalu memanjakan mereka, itu juga tidak baik bagi perkembangan mereka.

Berikut adalah lima cara  mendidik anak yang sesungguhnya kurang tepat, seperti dikutip dari times of India:
1. Tidak ada waktu. Sebagai orang tua, anda mungkin tidak pernah menyediakan waktu dengan anak-anak. Setidaknya menanyakan kegiatan mereka apa saja di sekolah. Komunikasi dengan anak penting sekali karena jika mereka punya masalah, akan disampaikan ke anda dan masalah itu bisa cepat diselesaikan.
2. Terlalu royal memberikan hadiah, sebaiknya anda tidak terlalu mudah memberikan anak hadiah apalagi jika tidak didukung prestasi yang baik di sekolah. Anda boleh-boleh saja memberi mereka hadiah, tentunya dengan memberi pengertian apabila prestasi di sekolah bagus, minimal nilai pelajaran mereka baik.
3. Membanding-bandingkan, banyak orang tua membandingkan anak mereka dengan anak orang lain, baik itu saudara, teman ataupun teman satu kelas. Kondisi itu akan membuat mereka semakin merasa tidak layak. Anda harus tahu, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda, jadi lebih baik anda memberi motivasi dan dukungan terhadap potensi yang ada padanya.
4. Terlalu dibebani, anak juga butuh istirahat dan di charge. Ibarat baterai, kegiatan yang padat setelah sekolah seperti les, kursus dan lainnya sudah cukup membebani mereka. Jadi berilah mereka waktu menyalurkan hobi, apakah olahraga, mendengarkan musik atau bahkan tidur.
5. Terlalu menuntut, ujian adalah saat-saat paling tidak menyenangkan bahkan menjadi beban bagi anak-anak. Semakin terbebani karena anda menuntut nilai yang bagus, kondisi ini bisa membuat mereka semakin stres. Seharusnya, yakinkan anak anda dan motivasi mereka bahwa nilai jelek bukan akhir dari semuanya, karena masih ada kesempatan lain.

Sumber: http://masimronashari.blogspot.com/2014/03/lima-cara-salah-mendidik-anak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar