Welcome Note

Dear Visitors,
Welcome to this blog. You may or may not find what you are looking for here. In anycase, feel free to look around and browse the content. This is basically a space for me to share what little that I know from my experience and from 'peeping' into others' blogs. Oh, the wonder of internet! I do hope you can get some 'things' from this blog. Enjoy and have a great life!

Sabtu, 29 November 2014

PDGK4502 - Pengembangan Kur & Pemb SD KB 1 LANGKAH LANGKAH PENGEMBANGAN KURIKULUM

            Langkah – langkah pegembangan kurikulum itu terdiri dari atas diagnosis kebutuhan ,perumusan tujuan,pemilihan dan perorganisasian materi ,pemilihan dan pengorganisasian pengalaman belajar dan pengembangan alat evaluasi.
A.Analisis dan Diagnosis Kebutuhan
            Langkah pertama dalam pengembangan kurikulum adalah menganalisis dan menndiagnosis kebutuhan.analisi kebutuhan dapat dilakukan dengan mempelajari tiga hal, yaitu kebutuhan siswa, tuntutan masyarakat /dunia kerja, dan harapan – harapan dari pemerintah ( kebijakan pendididikan).pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisis kebutuhan ada tiga, yaitu survei kebutuhan ,studi kompetensi , dan analisis tugas.hasil akhir  kegiatan analisis dan diagnosis kebutuhan ini adalah deskripsi kebutuhan sebagai bahan yang akan dijadikan masukan bagi langkah selanjutnya dalam pengembangan kurikulum yaitu perumusan masalah.
B. Perumusan Masalah
            Tujuan tujuan dalam kurikulum berhierarki ,mulai dari tujuan  yang paling umum sampai pada tujuan tujuan yang lebih khusus dan operasional.hierarki tujuan tersebut meliputi :tujuan pendididkan nasional .tujuan insitusional,tujuan kurikuler,serta tujuan instruksional.disampin bersifat hierarki komponen tujuan juga dapat dibagi dalam beberapa taksonomi tujuan.benyamin s bloom dalam taxonomy of educational objective membagi tujuan ini menjadi tiga ranah/domain ,yaitu kognitif,afektif,dan psikomotor.Domain kogniitifberkenaan dengan pengusaaan kempampuan kemampuan intelektual atau berpikir ,domain afektif berkenaan dengan penguasaan dan pengembangan perasaaan,minat ,sikap dan nilai-nilai,sedangkan domain psikomotor berkenaan dengan penguasaaan dan pengembangan ketrampilan motorik.
C.Pemilihan  dan pengorganisasian materi
            Materi kurikulum disusun berdasarkan prosedur prosedur tertentu yang merupakan salah satu bagian dalam pengembangan kurikulum secara kseluruhan.Dalam handbook for evaluating and selecting curiculum materials.M.D Gall (1981)mengemukakan sembilan tahap dalam pengembangan bahan kurikulum ,yaitu indentifikasi kebutuhan,merumuskan misi kurikulum .menentukan anggaran biaya ,membentuk tim,mendapat susunan bahan,menganalisis bahan,,menilai bahan,membuat keputusan adopsi,menyebarkan ,mempergunakan ,dan memonitor penggunaan bahan.
            Materi kurikulum adalah segala sesuatu yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar.isi dari kegiatan pembelajaran tersebut adalah isi dari kurikulum.dalam penyusunan bahan pelajaran ini dikenal ada istilah scope dan squence.Scope atau ruang lingkup menyangkut keluasan dan kedalamn materi kurikulum.Squance menyangkut urutan susunan bahan kurikulum .squance dapaty disusun dengan mempertimbangkan tiga hal,yaitu struktur disiplin ilmu,taraf perkembangan siswa,dan pembagian materi kurikulum berdasarkan tingkatan kelas .
D.Pemilihan dan Pengorganisasian Pengalaman belajar
            Cara pemilihan dan pengorganisasian pengalaman belajar dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan ,strategi .metode serta teknik yang disesuaikan dengan tujuan dan sifat materi yang akan diberikan .pengalama belajar siswa bisa bersumber dari pengalaman penciuman ,atau pengalaman suara ,pengalaman perabaaan ,dan penciuman .semua pengalaman belajar tersebut dapat diorganisasikan sedemikian rupa dengan sumber ,fasilitas, dan masyarakat.
E.  Pengembangan Alat Evaluasi
            Pengembangan alat evaluasi dimaksudkan untuk menelaah kembali apakah kegiatan yang telah dilakukan itu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan Mc Neil ( 1977) mengungkapkan ada dua hal yang perlu mendapatkan jawaban dari penilaian kurikulum ,yaitu
a.Apakah keguatan kegiatan yang dikembangkan dan diorganisasikan itu memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan yang dicita itakan
b. Apakah kurikulum yang telah dikembangkan itu dapat diperbaiki dan bagaimana cara memperbaikinya.
            Penilaian pada dasaranya merupakan suatu proses pembuatan pertimbangan terhadap suatu hal.Scriven dalam Nurgiyantoro mengemukakan bahwa penilaian itu terdiri atas tiga komponen yaitu pengumpulan informasi,pembuatan pertimbangan,dan pembuatan keputusan.evaluasi kurikulum dapat dilakukan terhadap komponen  komponen kurikulum itu sendiri ,evaluasi terhadap inplementasi kurikulum, dan evaluasi terhadap hasil yang dicap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar